Senin, 20 Mei 2013

Depresi Tingkatkan Risiko Stroke pada Wanita

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Helmi Ade Saputra - Okezone
Minggu, 19 Mei 2013 19:00 wib

detail berita

Wanita alami depresi (Foto: Google)

BILA Anda sering mengalami depresi, baik karena alasan pekerjaan ataupun masalah lain, sebaiknya dihindari. Sebuah studi baru menyimpulkan, wanita paruh baya yang menderita depresi hampir dua kali lipat berisiko stroke.

 
Para peneliti pada sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Heart Association mengungkapkan, tidak jelas mengapa ada hubungan yang kuat antara depresi dan stroke bisa ditemukan. Tetapi, hal itu mungkin respons inflamasi dan kekebalan terhadap depresi bisa berdampak pada darah. Studi ini menemukan bahwa wanita yang mengalami depresi memiliki 2,4 kali peningkatan risiko stroke dibandingkan mereka yang tidak depresi.
 
Dokter Caroline Jackson, penulis studi sekaligus ahli epidemiolog Sekolah Kesehatan Masyarakat di University of Queensland, Australia mengatakan, “Ketika mengobati wanita, seorang dokter harus mengenali betul kesehatan mental yang buruk dan efek dalam jangka panjangnya,” jelas Caroline seperti yang dilansir Thenews.
 
Menurut para peneliti, meskipun ada peningkatan pada penderita stroke, namun risiko stroke masih cukup rendah bagi wanita usia muda.
 
”Kita mungkin perlu pendekatan lebih untuk mencegah dan mengobati depresi pada wanita yang lebih muda. Pasalnya, ini bisa berdampak stroke daripada mencegah di kemudian hari,” tutupnya.
(tty)
  • Manfaat Penting Remaja Bebas Gangguan Bipolar
  • Masa Remaja Rentan Alami Gangguan Kejiwaan
  • Pasien Bipolar Dapat Hidup Normal
  • Kenapa Bipolar Sulit Terdeteksi?
  • Depresi Tanpa Sebab, Waspada Gangguan Bipolar

http://health.okezone.com/read/2013/05/19/482/809326/depresi-tingkatkan-risiko-stroke-pada-wanita