Senin, 10 Juni 2013

Tomat Ampuh Cegah Stroke?

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Helmi Ade Saputra - Okezone
Senin, 10 Juni 2013 00:38 wib

detail berita

Tomat (Foto: Prevention)

RAJIN mengonsumsi buah-buahan akan berdampak baik bagi kesehatan Anda. Hal ini karena pada buah banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari penyakit.

Salah satunya buah yang bermanfaat besar untuk kesehatan adalah buah tomat. Selain kaya akan vitamin, sebuah penelitian di Finlandia telah menunjukkan bahwa sering mengonsumsi tomat dapat mengurangi resiko Anda mengalami stroke.

Menurut BBC, para peneliti sedang menyelidiki dampak dari likopen, yaitu warna merah terang dari unsur kimia yang terjadi secara alami dalam tomat, semangka dan paprika. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 1.031 pria, mereka yang paling banyak likopennya di dalam darah, paling sedkit kemungkinannya mengalami stroke.

Sementara The National Stroke Association mengatakan bahwa stroke membunuh dua kali lebih banyak wanita dalam setahun seperti kanker payudara. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa laki-laki lebih berkemungkinan besar meninggal karena terkena stroke daripada wanita, atau komplikasi yang serius dari stroke.

"Kita semua tahu bahwa makan banyak buah segar dan sayuran baik untuk kesehatan kita. Penelitian ini menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam makanan seperti tomat, paprika merah, dan air melon bisa membantu menurunkan risiko stroke," ujar Dr. Clare Walton, direktur komunikasi dari penelitian yang dikutip Naturalnews.

Namun Dr. Clare mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membantu memahami mengapa antioksidan tertentu yang ditemukan dalam sayuran. Seperti contohnya pada tomat yang dapat membantu menurunkan risiko stroke. (ind)
(tty)

  • UNICEF: Perkembangan Fisik 165 Juta Anak di Dunia Terhambat
  • Shine Coba Hidup Hanya dengan Air dan Matahari Selama 6 Bulan
  • Berkeringat 30 Menit Hindarkan Kanker Payudara
  • Hah, Ganja Bisa Melindungi Otak?
  • Tomat Ampuh Cegah Stroke?

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/07/482/818857/tomat-ampuh-cegah-stroke