Selasa, 04 Juni 2013

Penyaringan Cuka Bisa Mencegah Kanker Serviks

TEMPO.CO, Mumbai - Kanker serviks merupakan penyebab utama kematian bagi wanita di negara berkembang. Kini di India ditemukan bahwa cuka bisa mengurangi kematian akibat kanker serviks.

Jika diimplementasikan secara luas, program penyaringan cuka bisa mencegah 72 ribu kematian akibat kanker serviks di dunia tiap tahunnya. Ini berdasarkan laporan tim peneliti dalam pertemuan American Society of Clinical Oncology di Chicago.

"Kita mendapati bahwa 31 persen kanker serviks berkurang. Dan ini sangat signifikan," kata Dr. Surendra Shastri dari Tata Memorial Hospital di Mumbai, India. Shastri merupakan pimpinan penelitian penyaringan cuka sebagai pencegah kanker serviks. Studi itu juga menunjukkan 7 persen berkurangnya kematian karena faktor lain, meski penemuan itu belum signifikan.

"Kami berharap hasil studi ini bisa memberi dampak pada berkurangnya kanker serviks di seluruh dunia,"kata Shastri.

Penelitian itu melibatkan beberapa wanita dari 20 perkampungan di Mumbai. Mereka berusia 35-64 tahun yang tidak memiliki sejarah keturunan kanker. Untuk program penggunaan cuka, tim melatih para wanita muda tentang bagaimana mengaplikasikan cuka dan mengevaluasi hasilnya.

Dalam program cuka, para wanita diajarkan untuk mengetahui gejala kanker serviks. Mereka lalu mengaplikasikan cuka pada serviks menggunakan tisu. Tisu itu akan tetap menjadi putih dan dapat dilihat dengan mata telanjang setelah satu menit.

Kelompok ini melalui empat tahap perawatan cuka dan inspeksi visual serta pendidikan kanker tiap 2 tahun.

Para wanita yang menjalani program penyaringan cuka ternyata mengalami kemungkinan kematian akibat kanker serviks berkurang 31 persen.

"Penggunaan cuka ini bisa menjadi alternatif di saat tidak tersedia tes PAP," kata Electra Paskett, juru bicara ASCO di Ohio State University Comprhensive Cancer Center.

Dr. Monique Spillman dari University of Colorado Cancer Center mengatakan penelitian serupa tentang cuka juga pernah dilakukan di Afrika.

REUTERS | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
Oral Seks, Michael Douglas Kena Kanker Tenggorokan 
10 Cara Menumbuhkan Sikap Optimistis
Surfer Bebas, Pemburu Pijat dan Servis Tambahan
Pemburu Ombak Sering `Orgasme` di Atas Papan

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/04/060485688/Penyaringan-Cuka-Bisa-Mencegah-Kanker-Serviks