Selasa, 04 Juni 2013

Tabir Surya Bisa Kurangi Penuaan Kulit

TEMPO.COQueensland -Khasiat tabir surya kita ketahui untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari dan mengurangi resiko kanker kulit. Kini, para peneliti menemukan bahwa tabir surya (sunscreen) ternyata bisa mengurangi penuaan kulit.

"Jika Anda bertanya kepada banyak ahli dermatologi, mereka akan memberitahu Anda dua hal yang mereka sarankan untuk orang yang ingin kulitnya awet muda, yaitu tidak merokok dan gunakan sunscreen," kata Dr. Alan Boyd, dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville.

Untuk studi baru, Dr. Adele Green dari Queensland Institute of Medical Research dan koleganya menganalisis data dari 903 orang dewasa di bawah usia 55 tahun. Separuh dari mereka diberitahu untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih besar pada leher, tangan, dan kaki setiap pagi. Selain itu, mereka juga menggunakannya lagi jika dibutuhkan. Sebagian lainnya dari mereka menggunakan tabir surya sesukanya.

Pada awal dan akhir studi, peneliti mengukur penuaan kulit dengan memperhatikan kulit pada bagian belakang tangan kiri responden. Mereka menemukan bahwa selama empat tahun lebih, tidak terdeteksi  perubahan kondisi kulit orang yang menggunakan tabir surya setiap hari. Meski pun  ada faktor lain yang berkaitan dengan matahari juga bisa mempengaruhi kondisi kulit tersebut.

Sedangkan 24 persen responden lainnya menunjukkan adanya peningkatan penuaan kulit. Perubahan tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mereka merupakan responden yang menggunakan tabir surya secara tidak teratur. Dr Green dan koleganya melaporkan hasil penelitiannya tersebut  pada Annals of Internal Medicine, 3 Juni 2013.

Penuaan kulit terjadi setelah paparan jangka panjang terhadap radiasi sinar ultraviolet yang mempenetrasi kulit. Hal ini, menurut Dr. Brunda Balaraman, peneliti dermatologi dari Washington University School of Medicine di St. Louis, bisa menyebabkan kolagen rusak dan DNA bermutasi..

"Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur bisa mengurangi tanda-tanda penuaan  kerusakan kulit," kata Balaraman pada Reuters.

REUTERS | APRILIANI GITA FITRIA


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/04/110485665/Tabir-Surya-Bisa-Kurangi-Penuaan-Kulit