Senin, 03 Juni 2013

Inilah Cara Alami Atasi Sembelit

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Minggu, 2 Juni 2013 13:33 wib

detail berita

Sakit perut (Foto: Google)

BANYAK cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi konstipasi (gangguan buang air besar) seseorang. Selain banyak makan serat, Anda pun perlu banyak melakukan aktivitas fisik.

Hal ini karena hal alami seperti makanan dan aktivitas fisik dapat memperbaiki konstipasi Anda. Sayangnya, masyarakat kurang menyadari manfaat dari hal yang ada di sekitarnya, yaitu mengonsumsi buah dan sayuran yang mempunyai kandungan serat, dan mengonsumsi air putih yang cukup serta membarengi dengan aktivitas fisik.

"Makan buah-buahan dan sayuran kaya akan serat, contohnya apel yang bisa makan. Di mana buah memiliki serat yang tinggi dibanding buah lain dan sejauh ini berhasil mengatasi sembelit atau perut tidak enak. Kemudian, iringi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Ini penting, pasalnya usus besar membutuhkan cairan untuk mendorong kotoran bergerak dan dikeluarkan melalui BAB. Kemudian, juga lebih banyak melakukan aktivitas fisik yang bergerak. Tujuannya agar dapat lebih cepat mendorong kotoran keluar dalam tubuh," ujarĂ‚  Dr. Dr. Ari Fachrial Syam SpPD-KGEH, FACGĂ‚  seorang dokter ahli penyakit dalam di RS. Cipto Mangunkusumo dalam acara yang bertemakan Waspada Sembelit Kronis dan Komplikasinya, di Cocorico Cafe, Bandung, Sabtu, 1 Juni 2013.

Ditambahkannya, untuk mencegah hal ini terjadi pada anak Anda. Ia menganjurkan untuk memberikan buah-buahan sejak dini, agar kelak menjadi kebiasaan sehat baik yang melindungi rutinitas selama seharian penuh. Sebaliknya, kondisi ini akan membahayakan kesehatan anak Anda, bila dari kecil kurang menyukai buah.

"Banyak kasus bila anak tidak dibiasakan makan buah saat kecil, sampai besar mereka jadi tidak makan buah. Inilah masalahnya dan kerap muncul di masyarakat, padahal buah dapat membantu kelancaran pencernaan dan melindunginya dari kanker usus besar," tutupnya. (ind) (tty)

  • Inilah Cara Alami Atasi Sembelit
  • Kebiasaan Sederhana Bikin Tubuh Tetap Ideal
  • Tetap Ramping Tanpa Diet? Ikuti Jurus Berikut
  • Diet Sukses, Perhatikan Asupan Diet Anda
  • Tip Praktis Sembuhkan Rematik

http://health.okezone.com/read/2013/06/02/486/816251/inilah-cara-alami-atasi-sembelit