Rabu, 19 Juni 2013

Tip Hadapi Anak Pemilih Makanan

TEMPO.CO, Jakarta - Jika anak Anda adalah seorang yang senang memilih makanan, Anda tidaklah sendirian. Begitu banyak orang tua yang kewalahan menghadapi anak yang pemilih makanan. Terkadang mereka hanya ingin makan makanan yang mereka sukai. Dan, kebanyakan makanan yang mereka sukai adalah makanan tak sehat. Tak jarang, anak memilih tak makan, jika diberikan makanan yang tidak mereka sukai.

"Intinya, jangan pernah memaksa mereka," tulis situs Daily Health, Rabu, 12 Juni 2013. Jangan pernah memajsa mereka untuk memakan makanan sehat. Cobalah untuk memperkenalkan makanan baru (dan tentunya sehat) secara perlahan-lahan dan biarkan mereka terbiasa dengan makanan tersebut.

Selain itu, tekstur makanan acap kali menjadi salah satu alasan mereka enggan mengonsumsi makanan sehat. Mungkin saja anak Anda tidak menyukai tekstur tertentu, sehingga mereka cenderung menghindari makanan tersebut. Anda tentu bisa menyiasati masalah ini. Misalnya, mereka tidak menyukai wortel tapi mencintai bola-bola dengan isian wortel di dalamnya sehingga Anda harus lebih kreatif dalam mengolah makanan dengan tekstur yang mereka sukai.

Untuk memperkenalkan makanan baru kepada anak, orang tua perlu kreatif dan melibatkan anak untuk memilih hal yang mereka sukai. Luangkanlah sedikit waktu dan buatlah bentuk-bentuk menarik yang berasal dari berbagai macam sayuran. Hal ini tentu akan membuat anak Anda lebih tertarik dan lebih senang untuk makan makanan sehat.

Di samping itu, jangan pula menyuapi anak Anda dengan makanan yang tidak Anda sukai tapi Anda pura-pura menyukai dan memakannya. Hal tersebut adalah hal yang tidak boleh dilakukan ketika Anda ingin mengubah anak yang pemilih. Anak-anak akan jauh lebih mungkin untuk memakan sesuatu yang mereka lihat sebagai makanan yang Anda nikmati dan hal itu akan membuat mereka berpikir bahwa makanan tersebut adalah makanan yang 'baik'. Jadi, untuk mulai mengajarkan pentingnya makanan sehat pada anak, orang tua sebaiknya juga mulai membiasakan dengan makanan sehat tersebut.

Dengan memperkenalkan secara perlahan, anak Anda tidak akan stres dan mereka juga akan mendapatkan asupan gizi yang sama. Jadi, pastikan mereka mendapatkan makanan yang sehat dan mereka akan tumbuh dengan gemilang.

DAILY HEALTH POST | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat: EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca Juga:
Mereka Tertolong dengan KJS ala Jokowi-Ahok
Eddies Adelia Kaget Ully Artha Telah Mualaf
Nazaruddin 'Paksa' Kurir Jadi Dirut 
Radja Nainggolan: Saya Bukan Tentara Bayaran!


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/19/060489459/Tip-Hadapi-Anak-Pemilih-Makanan