Selasa, 18 Juni 2013

Hypnobirthing Kurangi Penggunaan Obat Penghilang Nyeri

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Helmi Ade Saputra - Okezone
Selasa, 18 Juni 2013 17:04 wib

detail berita

Kate-William (Foto: Contactmusic)

KATE Middleton dilaporkan berencana menggunakan teknik Hypnobirthing ketika ia melahirkan bayi kerajaan sekira Juli mendatang. Rencananya, ia menggunakan teknik Hypnobirthing pada kelahirannya untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Menurut asosiasi Hypnobirthing, pendekatan hypnobirthing adalah melibatkan tubuh Anda untuk bekerja secara alami serta mengurangi perasaan cemas dan stres.

"Prinsip utama Hypnobirthing adalah untuk menghapus rasa takut pada ibu yang melahirkan. Jika dapat mencapai hal ini, Anda akan sangat mengurangi, dan dalam beberapa kasus menghilangkan rasa nyeri sehingga pengalaman melahirkan menjadi lebih mudah, lebih tenang, dan lebih nyaman," ujar Katharine Graves, seorang ahli Hypnobirthing terkemuka yang dikutip Yahoo UK.

Dia mengatakan bahwa teknik pernapasan dapat dipraktekan dalam minggu-minggu sampai kelahiran, serta latihan relaksasi untuk membantu meringankan ketegangan seputar kedatangan bayi mungil.

"Latihan fisik lembut dan posisi juga diajarkan untuk mendorong tubuh bayi untuk mencapai posisi yang optimal untuk kelahiran yang tenang dan alamii," tambahnya.

Selain itu, hypnobirthing juga dikatakan dapat mengurangi kebutuhan untuk menghilangkan nyeri saat melahirkan yang biasanya menggunakan bantuan obat dan pembiusan. Bahkan teknik ini juga baik untuk membawa pasangan suami-istri lebih dekat bersama-sama, karena pasangan aktif terlibat dalam pengalaman proses persalinan dan menjadi bagian integral dari proses hypnobirthing.

"Hypnobirthing sering membawa pasangan lebih dekat bersama-sama, dan memperdalam hubungan ayah dengan anaknya, karena ia tahu ini adalah bagian penting dalam bagaimana bayi memasuki dunia," tandas Katherine. (ind) (tty)

  • Nyeri Persalinan Minim, Hypnobirthing Jadi Pilihan Kate Middleton

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/18/483/823792/hypnobirthing-kurangi-penggunaan-obat-penghilang-nyeri