Rabu, 04 Juni 2014

Beranda » » Ini Syarat dan Prosedur Transplantasi Hati untuk Anak-anak

Ini Syarat dan Prosedur Transplantasi Hati untuk Anak-anak

Jakarta, Transplantasi hati menjadi solusi ketika kondisi kelainan hati yang dialami pasien sudah makin parah hingga mengakibatkan sirosis, meningkatnya tekanan pembuluh darah besar, perut terisi air, dan hati mudah infeksi.

Khususnya pada anak-anak, transplantasi hati bisa dilakukan jika sudah memenuhi beberapa syarat yakni berat badannya bisa mencapai 10 kg, usianya mencukupi di mana bobot 10 kg biasa dimiliki anak usia satu tahun, serta tidak ada kondisi gawat seperti infeksi.

Menurut Dr dr Hanifah Oswari SpA(K) konsultan Gastro-hepatologi Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM, infeksi sering terjadi ketika pasien mengalami siroris atau pengerasan hati sehingga tekstur hatinya tidak beraturan dan sering terjadi infeksi.

Transplantasi hati dikatakan dr Hanifah adalah operasi besar di mana prosesnya membutuhkan waktu 8-12 jam. Apalagi setelah itu pasien diberi obat untuk menekan respons imun, demikian dika! takan dr Hanifah saat ditemui detikHealth di RSCM, Selasa (3/6/2014).

"Bayangkan kalau dia dalam kondisi infeksi terus diberi obat penekan respons imun. Nggak diberi obat penekan imun saja infeksinya sudah berat, apalagi kalau diberi obatnya. Makanya itu nggak mungkin karena berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Setelah kondisi penerima donor sudah baik, keadaan donor hati pun harus dicek terlebih dulu dan dipastikan ia memiliki kondisi sehat lahir batin. Pertama-tama, dr Sastiono, SpB.SpBA(K) mengutarakan harus disamakan terlebih dulu golongan darah pendonor dengan resipien.

Oleh karena itulah kebanyakan donor hati berasal dari anggota keluarga. Kemudian dilihat apakah ada penyakit tersembunyi. Dengan kata lain harus dipastikan bahwa pendonor tidak memiliki penyakit apapun. Selain itu juga dipastikan bahwa tidak ada kelainan pada pembuluh darah di hati pendonor.Next

Halaman 1 2
(rdn/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/3b1e02f5/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A60C0A30C20A0A6160C259890A20C7640Cini0Esyarat0Edan0Eprosedur0Etransplantasi0Ehati0Euntuk0Eanak0Eanak/story01.htm