Rabu, 07 Mei 2014

Beranda » » WHO: Kasus Polio Terbanyak Ada di Pakistan

WHO: Kasus Polio Terbanyak Ada di Pakistan

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kasus penyakit polio muncul kembali sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat dunia. Pernyataan darurat kesehatan ini menyusul adanya kasus baru polio yang muncul di sejumlah negara, terutama di Pakistan.

Berdasarkan catatan WHO, jumlah kasus polio di dunia mencapai 350 ribu pada 1988, namun sudah berkurang menjadi 417 pada 2013. Sedangkan pada 2014, sudah mulai muncul 74 kasus di seluruh dunia, dengan 59 kasus berada di Pakistan. (Baca: Internasional)

"Kondisi bagi darurat kesehatan masyarakat telah menjadi perhatian internasional," kata Asisten Direktur Umum WHO, Bruce Aylward, kepada wartawan di Jenewa, seperti dilansir Channel News Asia, Senin, 5 Mei 2014.

Menurut Aylward, jika tidak dicegah segera, kasus polio di sebuah negara dapat menyebabkan kegagalan pemberantasan secara global. "Padahal! , polio adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin," katanya.

WHO melakukan pembicaraan darurat pekan lalu setelah virus polio ditemukan di sepuluh negara, termasuk di tiga negara endemik yaitu Afganistan, Nigeria, dan Pakistan. Pada 1998, penyakit ini pernah menjadi endemik di 125 negara.

Polio biasanya menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Polio menyebar melalui air yang terinfeksi. Sejauh ini tidak ada pengobatan atau terapi khusus untuk penyakit yang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan ini. Pencegahan di lini terdepan hanyalah pemberian vaksin.

Keputusan keadaan darurat polio ini sekaligus memberikan rekomendasi bagi negara di dunia, terutama bagi yang endemik polio agar menerapkan persyaratan vaksin bagi siapa pun yang akan bepergian ke luar negeri.

CHANNEL NEWS ASIA | ROSALINA

Berita Terpopuler:
Pelatih Myanmar: Timnas U-19 Mirip Tim Jepang

Source : http://www.tempo.co/read/news/2014/05/06/060575878/WHO-Kasus-Polio-Terbanyak-Ada-di-Pakistan