Kamis, 08 Mei 2014

Timbul atau Rata, Ini Sebabnya Bekas Luka Operasi Caesar Tiap Ibu Berbeda

Jakarta, Salah satu keluhan yang muncul dari para ibu yang melakukan operasi caesar ketika melahirkan adalah munculnya nyeri sesaat pada bekas operasi mereka. Nah, keluhan lain yang muncul adalah adanya bekas luka operasi yang terkadang timbul dan tak halus sehingga mengganggu penampilan.

Meski tak sakit atau nyeri tetap saja sebagai perempuan, tentunya bekas luka tersebut menimbulkan perasaan risih. Lalu sebenarnya apa penyebab munculnya bekas luka tersebut?

dr Febriansyah Darus SpOG(K) dari RSPAD Gatot Subroto mengatakan bahwa bekas luka pada operasi caesar yang timbul dan menonjol di tubuh tersebut disebut sebagai keloid. Penyebabnya antara lain memang karena faktor genetik atau pengaruh gesekan pakaian.

"Keloid itu tergantung sama genetik atau keturunan. Kalau ada bakatnya ya tetap akan timbul," ujar dr Febriansyah ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (7/5/2014).

Penyeb! ab lainnya menurut dr Febriansyah adalah gesekan yang ditimbulkan oleh penggunaan pakaian antara lain celana atau korset. Bekas luka operasi yang tergesek celana atau korset akan merangsang jaringan hingga terluka.

dr Prima Progestian, SpOG dari RSIA Muhammadiyah yang dihubungi terpisah pun mengatakan bahwa penyebab munculnya keloid pada bekas operasi caesar memang bermacam-macam. Beberapa faktor antara lain teknik operasi, penggunaan benang yang dipakai, penggunaan obat-obatan yang dipakai, serta adanya infeksi atau tidak pasca operasi.

Lalu apakah keloid dapat dihilangkan dengan menggunakan krim penghilang bekas luka? dr Prima mengatakan bahwa penggunaan krim pada bekas operasi caesar harus melihat faktor sebelumnya yaitu penyebab mengapa sampai bisa timbul keloid pada tubuh ibu.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/3a287cbf/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A50C0A70C20A0A4140C257650A10C7750Ctimbul0Eatau0Erata0Eini0Esebabnya0Ebekas0Eluka0Eoperasi0Ecaesar0Etiap0Eibu0Eberbeda/story01.htm