Selasa, 06 Mei 2014

Beranda » » Penderita empat penyakit kronis rentan terjangkit MERS-CoV

Penderita empat penyakit kronis rentan terjangkit MERS-CoV

Jakarta (ANTARA News) - Pengidap empat penyakit yaitu diabetes mellitus (DM), penyakit paru kronik, gangguan ginjal, dan gangguan imunologik memiliki resiko tinggi untuk tertular Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang tengah merebak di beberapa negara Arab Saudi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam surat elektroniknya di Jakarta, Senin, mengatakan penelitian sedang dilakukan terhadap sumber penularan penyakit yang memiliki gejala flu, demam, batuk, dan sesak napas itu.

"Tentang peran unta, penelitian belum memberi hasil pasti dari sudut epidemiologi, walaupun penelitian terakhir membuktikan bahwa unta memang dapat mengeluarkan virus hidup," ujar Tjandra.

Tindakan pencegahan yang dianjurkan adalah dengan tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Selain itu juga dianjurkan untuk menggunakan masker jika berada ! di keramaian dan tidak berhubungan dekat dengan orang yang menderita flu, demam tinggi, batuk dan disertai sesak napas.

Sedangkan orang yang mengalami gejala-gejala tersebut diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan dan memastikan tidak terjangkit virus MERS-CoV.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengirim tim ke Jeddah, Arab Saudi, untuk melakukan penelitian mengenai asal penyakit yang telah menjangkiti 111 pasien di Jeddah sejak Maret 2014.

Dari 111 pasien tersebut, sebanyak 31 orang diantaranya meninggal dunia dan dikhawatirkan juga terjadi penularan dari pasien ke petugas kesehatan.

"Cukup banyak juga terjadi penularan pada petugas kesehatan di kota itu, yang sedang diteliti polanya. Sepertiga orang yang tertular di RS ternyata gejalanya ringan. Juga sedang di teliti apakah pola penularan di RS sama dengan di komunitas," ujar Tjandra.

Jumlah pasien terjangkit MERS-CoV di Arab Saudi terus bertam! bah dengan adanya 15 kasus pada tanggal 3 Mei yang tercatat be! rasal dari Jeddah (5 orang), Mekkah (4 orang) dan Riyadh (6 orang).

Meski demikian, WHO belum menganjurkan larangan bepergian dan juga belum menganjurkan pemeriksaan di bandara/pelabuhan seperti yang pernah dilakukan pada saat merebaknya SARS dan flu burung.

Source : http://www.antaranews.com/berita/432711/penderita-empat-penyakit-kronis-rentan-terjangkit-mers-cov