Kamis, 22 Mei 2014

Beranda » » Nasib Pria dengan Satu Buah Zakar, Bisakah Punya Keturunan?

Nasib Pria dengan Satu Buah Zakar, Bisakah Punya Keturunan?

Jakarta, Secara normal, lelaki harusnya memiliki dua buah zakar. Tapi karena faktor tertentu, seorang pria bisa terlahir hanya dengan satu buah zakar. Lalu bagaimana nasib sistem reproduksinya?

Pria yang terlahir dengan satu testis dikenal dengan istilah undescended testicles (cryptorchidism) atau kadang juga disebut monorchism. Cryptorchidism terjadi ketika testis tidak turun ke posisi yang seharusnya di kantong kulit yang menggantung di bawah penis (skrotum) sebelum kelahiran. Kondisi ini biasanya hanya mempengaruhi satu testis, tetapi sekitar 10 persen kasus terjadi pada kedua testis.

"Anda tidak usah risau, satu buah zakar tetap akan bisa berfungsi sebagai organ reproduktif yang menjamin kesuburan Anda sebagai pria bila kelak menikah," jelas dr Andri Wanananda, MS, kepada detikHealth, Rabu (21/5/2014).

Seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara ini menjelaskan bahwa buah zakar atau test! is seperti ginjal, dikaruniai dua buah untuk setiap individu. Bila satu organ tersebut tidak berfungsi, organ yang sehat akan mengambil fungsinya, agar tubuh tetap sehat.

Masalahnya, bagi individu dengan satu buah zakar harus ekstra hati-hati. Jangan sampai testis yang tinggal satu-satunya rusak. dr Andri menyarankan agar menjaga keutuhan testis.

"Jangan sampai kena trauma, misalnya tertumbuk benda keras akibat kecelakaan. Hindari suhu tinggi, misalnya di tempat sauna, celana ketat, penyakit parotitis (gondongan) yang berdampak pada testis," tambah dr Andri.

Testis terbentuk di perut selama perkembangan janin. Selama beberapa bulan terakhir perkembangan janin normal, testis secara bertahap turun dari perut melalui jalan seperti tabung di pangkal paha (inguinal canal) ke dalam skrotum. Pada kasus cryptorchidism, proses tersebut terhenti atau tertunda.

Dengan berjalannya waktu, testis yang tidak turun bisa bergerak turun ke posisi seharusnya dalam bebe! rapa bulan pertama kehidupan bayi. Namun jika testis tidak jug! a turun dengan sendirinya, maka operasi perlu dilakukan.

(mer/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/3aab1eb1/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A50C210C20A0A1110C25889310C1390A0Cnasib0Epria0Edengan0Esatu0Ebuah0Ezakar0Ebisakah0Epunya0Eketurunan/story01.htm