Jumat, 09 Mei 2014

Beranda » » 15 Hari Usai dari Tanah Suci, Pesan untuk Jamaah?

15 Hari Usai dari Tanah Suci, Pesan untuk Jamaah?

Helmi Ade Saputra - Okezone
Jum'at, 9 Mei 2014 01:03 wib
detail berita
Dr Zaenal Abidin MH.Kes (Foto: Feri/Okezone)
JELANG keberangkatan para calon jamaah haji atau umrah ke Arab Saudi, mereka diminta melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun, mereka juga harus mewaspadai gangguan kesehatan yang mungkin terjadi saat kepulangan terkait dengan mewabahnya Middle East Respiratory Syndrom (MERS).

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Zaenal Abidin, MH dalam diskusi media di Kantor Pusat IDI. Dia menghimbau jamaah haji atau umrah untuk wajib mewaspadai gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena tertular MERS saat perjalanan hingga 15 hari sesudah pulang.

"Apabila menderita sakit saat pulang dari perjalanan, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Gejala yang harus diwaspadai adalah bila menderita sakit akut dengan gejala gangguan saluran napas berat, demam, atau diare," jelas Dr. Zaenal di Kantor IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Mei 2014.

Selain ! itu, Dr. Zaenal meminta pemerintah untuk mengaktifkan alat pendeteksi suhu di semua bandara, sehingga bisa mendeteksi jamaah-jamaah yang suhu tubuhnya tinggi setelah dari Tanah Suci. Dengan kata lain, menurut Dr. Zaenal, tidak perlu lagi masyarakat yang melaporkan bila mereka sakit setibanya di bandara atau pelabuhan.

"Dengan melakukan pendeteksian seperti ini, tentu kita bisa memberikan penanganan lebih dini kepada penduduk Indonesia yang pulang maupun bepergian ke luar negeri," imbuh Dr. Zaenal.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Source : http://health.okezone.com/read/2014/05/09/482/982331/15-hari-usai-dari-tanah-suci-pesan-untuk-jamaah