Selasa, 29 April 2014

Beranda » » Waspada, Sperma Bermasalah Tak Bisa Disembuhkan

Waspada, Sperma Bermasalah Tak Bisa Disembuhkan

Ainun Fika Muftiarini - Okezone
Selasa, 29 April 2014 00:10 wib
detail berita
Bermasalah dalam kesuburan (Foto: Guardianlv)
BANYAK hal yang menjadikan kesuburan pria bermasalah. Salah satunya adalah pada sperma.

Menurut Dr Indra NC. Anwar, SP.OG  dari klinik Teratai RS Gading Pluit, sperma yang bermasalah juga berdampak pada sulitnya memiliki keturunan.

"Bukan hanya wanita saja yang bermasalah. Tapi pria juga. Paling sering yang ditemui itu jumlahnya sedikit dan geraknya lambat. Bahkan, ada juga yang spermanya tidak ada," ucapnya kepada Okezone di kompleks Epicentrum, Jakarta, belum lama ini.

Dr Indra sendiri mengakui tidak mengetahui secara pasti penyebab sperma bermasalah. Namun umumnya, hal tersebut lebih kepada faktor risiko.

"Kita memang tidak tahu penyebabnya, tapi ada beberapa faktor seperti berat badan yang bisa akhirnya bisa jadi pemanasan pada buah zakar, gaya hidup juga seperti merokok, alkohol," terangnya.

Lebih lanjut, permasalahan pada sperma sendiri sebagian besar tidak bisa! disembuhkan. Meski begitu, harapan untuk memiliki keturunan tetap bisa didapat melalui cara lain.

"Sebagian besar tidak bisa diobati. Biasanya kalau yang berat umumnya langsung disarankan ke bayi tabung. Tapi kalau masing memungkinkan, bisa inseminasi sampai tiga kali," tutupnya ramah.  
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Source : http://health.okezone.com/read/2014/04/28/485/977244/waspada-sperma-bermasalah-tak-bisa-disembuhkan