Kamis, 24 April 2014

Seks Berisiko Meningkat, Menkes Imbau Pria Tanggung Jawab

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengimbau para pria yang melakukan seks berisiko untuk bertanggung jawab atas peningkatan kasus HIV pada anak di Indonesia. Pasalnya, berdasarkan survei Kementerian Kesehatan di 20 kota, tercatat laki-laki yang melakukan seks berisiko atau pergi ke tempat pelacuran dan tidak mau menggunakan kondom meningkat dari 0,1 menjadi 0,7 atau 600 persen.

"Laki-laki supaya bertanggung jawab. Hindari seks berisiko dan semua narkoba khususnya pengguna narkoba suntik," tegas Menkes saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (24/4/2014).

Menkes menilai, para laki-laki yang melakukan seks berisiko tersebut sangat rentan menularkan penyakit kepada istri dan anak. Maka itu, pemeriksaan HIV leboh lanjut diperlukan suami istri.

"Periksa, tes HIV. Kalau salah satunya postif, pria harus menggunakan kondom. Karena kalau pria nggak pakai kondom, keduanya bisa berisiko menularkan HIV pada anaknya. ! Selain itu, suami istri yang terinfeksi harus diberi pengobatan kalau tidak ingin anaknya yatim piatu," ujar Menkes.

Menkes kembali menegaskan, himbauan ini diharapkan agar jangan sampai ada satu bayi yang lahir di Indonesia dengan HIV positif. Karena semua bisa dicegah dengan tes. "Kalau sudah terlanjur, beri pengobatan sedini mungkin," jelasnya.

(Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/2041409/seks-berisiko-meningkat-menkes-imbau-pria-tanggung-jawab