Senin, 28 April 2014

Beranda » » Mudah Marah Saat Lapar? Atasi dengan Cara Ini!

Mudah Marah Saat Lapar? Atasi dengan Cara Ini!

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Pernah merasa kesal ketika perut begitu lapar? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Fenomena ini disebut hangry, mudah marah (angry) ketika perut lapar (hungry). Memang, sebuah penelitan menunjukkan ketika tingkat glukosa turun (saat lapar), orang lebih mudah terpancing emosinya.

Jangan sampai hal sepele ini bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar karena "semprotan" marah Anda. Berikut beberapa tip untuk menghindari sindrom hangry, seperti dikutip dari laman Live Science, Rabu, 23 April 2014.

1. Sedia camilan sehat.
Hindari rasa lapar dengan menyediakan makanan ringan yang sehat, seperti yogurt atau sayuran yang dipotong kecil-kecil. Hindari camilan dengan kadar glukosa tinggi yang akan langsung melambungkan kadar glukosa dalam darah Anda setelah kadar glukosa merendah akibat lapar! .

2. Pilih karbohidrat dengan bijaksana.
Jika memang harus mengganjal perut dengan roti, pilihlah roti yang mengandung setidaknya 3 gram protein dan 3 gram serat. Protein akan membantu tubuh merasa lebih "puas" lebih lama dan serat akan memperlambat pencernaan glukosa.

3. Konsumsi makanan kaya magnesium.
Ada hubungan yang signifikan antara asupan magnesium dan risiko diabetes tipe 2, menurut sebuah ulasan dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2011. Magnesium memainkan peran penting dalam mengontrol kadar gula darah sehingga tidak langsung drop saat Anda lapar. Perbanyaklah mengonsumsi bayam dan alpukat untuk menjaga kadar gula darah.

4. Sarapan jeruk.
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sarapan buah bukanlah hal yang lumrah. Namun, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food tahun 2006, mengonsumsi setengah jeruk segar akan meningkatkan resistensi insulin yang akan menjaga kadar gula dara! h Anda.

ANINGTIAS JATMIKA | LIVE SCIENCE

Berita Lain:
3 Cara Membentuk Alis yang Seimbang

Source : http://www.tempo.co/read/news/2014/04/28/060573792/Mudah-Marah-Saat-Lapar-Atasi-dengan-Cara-Ini