Selasa, 29 April 2014

Beranda » » Kimchi, Makanan Sehat dengan Bau Menyengat

Kimchi, Makanan Sehat dengan Bau Menyengat

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Kebudayaan Korea menular lewat drama seri yang ditayangkan stasiun TV lokal. Salah satu yang sering ditemui adalah budaya makan orang Korea yang selalu menyediakan kimchi di meja makan. Ternyata, selain menjadi "makanan pokok" untuk keluarga, kimchi memiliki banyak manfaat yang menyehatkan.

Seorang koki asal Korea Selatan Judy Joo, kini tinggal di New Jersey, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa kimchi baik untuk tubuh. "Kimchi rendah kalori, dapat meningkatkan metabolisme, dan mengandung probiotik lebih banyak dari yoghurt untuk kekebalan tubuh dan pencernaan," kata Joo, seperti dilaporkan oleh Fox News, Senin, 28 April 2014.

Joo menjelaskan makan kimchi sudah menjadi kebudayaan masyarakat Korea sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahkan fermentasi kubis atau lobak dan rempah-rempah ini selalu ada pada setiap ! jam makan.

"Ada 187 jenis kimchi, dan setiap keluarga memiliki resepnya sendiri. Saking sehatnya, orang Korea selalu menambahkan kimchi saat sarapan, makan siang, atau makan malam," kata Joo.

Namun, sama seperti makanan fermentasi lainnya, aroma kimchi sangat menyengat. "Kimchi adalah makanan dengan bau yang sangat menyengat. Namun sebenarnya, semakin bau kimchi, semakin banyak manfaatnya untuk kesehatan," kata Joo. 

RINDU P HESTYA | FOX NEWS

Berita Lain:
Kasus Kematian Ibu Hamil Masih Tinggi

Source : http://www.tempo.co/read/news/2014/04/29/060574097/Kimchi-Makanan-Sehat-dengan-Bau-Menyengat