Senin, 28 April 2014

Beranda » » Kemenkes Gelar Kampanye Peduli Kesehatan Ibu Selama 9 Bulan

Kemenkes Gelar Kampanye Peduli Kesehatan Ibu Selama 9 Bulan

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kampanye peduli kesehatan ibu yang berlangsung selama 9 bulan.

Liputan6.com, Jakarta Demi menggerakan masyarakat untuk lebih sadar menjaga kesehatan ibu, serta mencegah kematian ibu dan bayi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kampanye peduli kesehatan ibu yang berlangsung selama 9 bulan. Dari 21 April 2014 sampai 22 Desember 2014.

"Dimulai April, karena pada tanggal itu Indonesia memperingati hari kelahiran Kartini, dan kebetulan juga wafat empat hari setelah melahirkan putra pertamanya. Sedangkan 22 Desember adalah Hari Ibu. Selain itu, 9 bulan merupakan waktu seorang ibu mengandung," kata Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Anung Sugihantono, MKes dalam acara Pencanangan Kampanye Peduli Kesehatan Ibu di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/4/2014)

Tema dari kampanye ! ini adalah #SayangIbu, yang bertujuan untuk membuat orang di sekeliling ibu seperti suami dan keluarga. "Tugas mereka adalah untuk menemani ibu melakukan pemeriksaan kehamilan dan siap membawa ibu ke tenaga kesehatan mulai saat kehamilan, persalinan, dan nifas terutama pada saat terjadi tanda bahaya, serta mendukung ibu untuk ikut program KB," kata Anung menambahkan.

Selama sembilan menjalani kampanye ini, lanjut Anung, beragam kegiatan akan dilakukan oleh pihak terkait. Mulai dari berupa event, publikasi, komunikasi, advokasi dan kemitraan serta media sosial yang melibatkan semua pemangku kepentingan yang terkait dengan kesehatan ibu.

Anung mengatakan, sampai saat ini, telah terdata 5 event besar di antaranya Hari Keluarga Nasional pada tanggal 14 Juni 2014 di Surabaya yang akan mengusung tema sejalan.

"Di Twitter bisa dilihat di akun milik Kemenkes dengan hastag #SayangIbu. Pun di Facebook juga dapat dilihat," kata dia menerangkan.

Pada saat yang s! ama, dicanangkan pilot project untuk peningkatan partisipasi a! ktif komunitas terhadap kesehatan perempuan dan KB, melalui pendampingan ibu hamil oleh anggota koperasi Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dengan area program Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

(Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/2042732/kemenkes-gelar-kampanye-peduli-kesehatan-ibu-selama-9-bulan