Kamis, 01 Agustus 2013

Beranda » » Waspada Pemicu Alergi dari Kebun Rumah

Waspada Pemicu Alergi dari Kebun Rumah

TEMPO.CO, Jakarta--Pemicu alergi dan penyakit asma bisa datang dari tempat yang sangat dekat, yakni kebun halaman belakang rumah. Hal ini akan mengubah kegiatan berkebun yang menyenangkan menjadi kekacauan yang tidak pernah Anda ketahui penyebabnya, ungkap para ahli.

Menurut American of Allergy, Asthma and Immunology seperti dikutip situs Health Day edisi 27 Juli 2013, lebih dari 50 juta orang Amerika mengalami alergi dan penyakit asma. Berikut adalah potensi kemungkinan penyebab alergi dan asma yang bisa jadi mengintai dari halaman belakang rumah Anda :

1. Sengatan serangga bisa memberikan reaksi yang membahayakan kehidupan. Orang yang tahu bahwa dirinya mempunyai alergi serangga harus selalu menyediakan obat epinephrine. Untuk mencegah sengatan serangga, selalu kenakan sepatu saat di kebun, tutupi makanan, jangan menyesap minuman dari kaleng yang sudah terbuka, jangan kenakan parfum, deodoran dan hairspray yang wanginya manis, dan jangan kenakan pakaian yang terang menyala.

2. Rumput dan serbuk sari bunga tidak hanya pemicu terjadinya gejala alergi dan asma. Mereka juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada kayu yang busuk. Musim panas menyuburkan pertumbuhan jamur tersebut. Jika obat tak cukup untuk menyembuhkan, Anda mungkin perlu disuntik alergi.

3. Sebagian orang alergi dengan tabir surya tertentu. Jika Anda memperhatikan ada ruam merah atau gatal-gatal di kulit setelah mengoleskan tabir surya, Anda kemungkinan alergi terhadap produk kimia. Pilihlah tabir surya alami yang tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti benzophenone, octocrylene dan PABA (para-aminobenzoic acid) yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

4. Sekitar empat persen orang Amerika mengalami alergi terhadap makanan sehingga mereka harus berhati-hati dengan kegiatan barbeku di halaman belakang. Bisa saja mereka secara tak sengaja terpapar makanan penyebab alergi seperti salad dan kecap. Potensi ancaman lainnya adalah saat menggunakan peralatan yang sama untuk memanggang dan piring untuk menyajikannya. Asap dari barbeku dan api di udara terbuka juga bisa memicu serangan asma. Duduklah menjauh dari arah angin api dan hindari posisi yang terlalu dekat.

HEALTH DAY I ARBA'IYAH SATRIANI

Terhangat:
Ahok vs Lulung | Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur

Baca juga:

Google Luncurkan Situs Komunitas Foto Android
Yip, Pecatur Termuda Dengan Level Expert di US
Amuba Ini Menjadi Petani Primitif

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/01/060501440/Waspada-Pemicu-Alergi-dari-Kebun-Rumah