Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Si Merah Pelindung dari Kanker, Diabetes, dan Penyakit Jantung

Si Merah Pelindung dari Kanker, Diabetes, dan Penyakit Jantung

MESKI stroberi bentuknya kecil, ternyata buah ini memberikan manfaat perlindungan luar biasa terhadap penyakit kanker, diabetes, penyakit jantung.  
Para ilmuwan setuju bahwa stroberi memiliki manfaat kesehatan yang luas bagi tubuh. Tak tanggung-tanggung serangan sel kanker, penyakit diabetes dan penyakit jantung, bisa dihindari bila seseorang mengonsumsi buah ini secara teratur.
 
Sebuah hasil penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan ekstrak stroberi memberikan penurunan proliferasi kedua usus (HT29) dan (MCF-7) sel kanker payudara. Di mana penghambatan sel HT29 adalah 53 persen sementara MCF-7 sel rata-rata 43 persen. Para peneliti percaya berlimpahnya kandungan fitonutrien, asam ellagic dan ellagitannins yang hadir dalam stroberi bertanggung jawab atas temuan ini. Lebih dalam lagi, stroberi organik yang memiliki karakteristik anti-karsinogenik yang lebih ampuh menghambat sel kanker ketimbang varietas stroberi biasa.
 
Tak hanya itu, seseorang yang rutin mengonsumsi stroberi juga bisa mencegah seseorang mengalami penyakit kardiovaskular. Menurut dokumentasi Nutrition Research, seseorang yang mengonsumsi 50 kilogram stroberi beku atau dingin setiap hari selama satu minggu, bisa menurunkan tekanan darah tinggi, hiperglikemia, dan peradangan. Kondisi ini bisa terjadi, karena antioksidan dalam stroberi sangat kuat, hingga bisa menghambat segala bentuk penurunan kesehatan  seseorang. Bahkan, para ilmuwan di University of Warwick di Inggris menemukan bahwa stroberi tak hanya menghalangi penyakit jantung, tetapi juga komplikasi vaskular diabetes.
 
"Kami telah menemukan fakta klinis di balik bagaimana stroberi bekerja untuk meningkatkan membangun pertahanan tubuh, entah menjaga sel, organ dan pembuluh darah  agar tetap sehat. Kemudian juga bisa mengurangi risiko terkena masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan diabetes. Kondisi ini bisa terjadi, karena kandungan protein stroberi meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh," kata pemimpin peneliti Paul Thornalley, sebagaimana dilansir Naturalnews.
 
Menanggapi hal itu,  George Mateijan Foundation pun ikut menambahkan, dimana ditemukan bahwa stroberi membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah.
 
"Salah satu bagian yang menarik perhatian kami mengenai stroberi ialah manfaat kesehatan dalam menurunkan gula darah. Beberapa penelitian terbaru telah menemukan, mengonsumsi secara rutin stroberi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Dalam hasil penelitian ini, manfaat yang signifikan tidak muncul sampai frekuensi asupan Anda mencapai setidaknya dua sampai tiga porsi stroberi perminggu."
(tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/08/02/486/846791/si-merah-pelindung-dari-kanker-diabetes-dan-penyakit-jantung