Sabtu, 03 Agustus 2013

Rentan Bahaya, Jangan Mudik dengan Sepeda Motor Jika Tujuannya Jauh

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Meskipun sudah dinyatakan berbahaya, namun masih banyak orang yang mudik dengan menggunakan kendaraan motor roda dua karena alasan ekonomi. Jika memang ingin melanjutkan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang patut disiapkan oleh pemudik agar tetap nyaman dan aman.

"Jika terpaksa harus mudik menggunakan sepeda motor, sebaiknya hanya untuk perjalanan dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jika tujuannya adalah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, sebaiknya tidak mudik dengan sepeda motor," ungkap Prof Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, pada keterangan tertulis yang diterima detikhealth dan ditulis Sabtu (3/8/2013).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika mudik menggunakan sepeda motor menurut Prof Tjandra antara lain:

1. Siapkan kesehatan baik fisik dan mental, sebaiknya periksakan kesehatan dahulu sebelum perjalanan

2. Pastikan kendaraan roda dua yang digunakan dalam keadaan baik

3. Hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol

4. Hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas, kapasitas motor hanya untuk dua orang saja

5. Gunakan helm terstandar

6. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

7. Tidak menggunakan alat komunikasi pada saat mengemudi

8. Beristirahat setiap 3 jam sekali dan beristirahat jika mengantuk atau lelah

9. Hati-hati mengemudi saat turun hujan atau cuaca buruk

10. Jaga jarak dengan kendaraan lain

"Yang paling penting, sangat tidak dianjurkan mudik menggunakan sepeda motor bila membawa istri ataupun anak-anak, karena motor hanya untuk kapasitas dua orang saja. Apalagi harus membawa bayi jika menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan kesehatan dan keselamatannya," ujar Prof Tjandra.

Meskipun demikian, Prof Tjandra kembali mengingatkan sebaiknya tidak mudik menggunakan sepeda motor. Manfaatkan fasilitas mudik gratis atau fasilitas pengangkutan sepeda motor dengan kapal laut maupun kereta api dari pemerintah dan sektor swasta, atau gunakan moda transportasi umum.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f808d8e/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A80C0A30C120A0A460C23234870C7630Crentan0Ebahaya0Ejangan0Emudik0Edengan0Esepeda0Emotor0Ejika0Etujuannya0Ejauh/story01.htm