Jumat, 02 Agustus 2013

Beranda » » Meski Lumpuh dari Leher ke Bawah, Roxanne Bisa Tulis Buku Memasak

Meski Lumpuh dari Leher ke Bawah, Roxanne Bisa Tulis Buku Memasak

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Texas, Sudah 5 tahun lamanya Roxanne Russell Roundtree terserang penyakit Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig. Dia tak bisa menggerakkan tubuh mulai dari leher ke bawah. Walau demikian, dia bisa menulis buku memasak.

Roxanne terserang penyakit tersebut sejak tahun 2008 saat berusia 30 tahun. Dia terpaksa melepaskan pekerjaannya sebagai perawat. Sang suami, Don, juga memintanya berhenti dari pekerjaan agar bisa dirawat di rumah sekaligus menjaga ketiga puteranya.

Namun tampaknya Roxanne tak betah berdiam saja. Selama 2 tahun, dia menggunakan komputer yang dapat membaca gerakan mata untuk menulis buku resep masak. Awalnya buku tersebut ditujukan untuk ibu dan adik-adiknya saja, namun keluarga lantas memutuskan untuk menjualnya.

Uang hasil penjualan digunakan untuk membiayai anaknya nomor 2 yang bernama Brad agar dapat mengikuti final perlombaan rodeo antar pelajar SMP di Texas. Saat itulah penyiar Fox News benama Don Imus mendengar tentang kisah Roxane dan mengangkat kisahnya menjadi berita nasional di AS.

"Ibu suka menonton saya rodeo karena dulu dia sering ikut rodeo dan sekarang tidak bisa. Sekarang, saya mencoba yang terbaik karena bisa jadi ini adalah tahun terakhirnya bisa berada di sini," kata Brad seperti dilansir News.com.au, Jumat (2/8/2013).

Sisa uang yang terkumpul dari penjualan buku lantas digunakan untuk membiayai keperluan sehari-hari dan pengobatan, juga agar rumahnya dapat direnovasi sehingga lebih ramah terhadap difabel. Bahkan rumah tersebut sebenarnya dibangun oleh orang tua Roxanne yang sedang kesulitan ekonomi akibat krisis.

Oleh karena itu, Roxanne selalu mengatakan bahwa berkat keluarganya lah dia mampu melawan penyakit yang melemahkannya. Sambil terharu, ibu Roxanne, Delaine Russell, menjelaskan bagaimana membaca kata-kata yang tertulis lewat komputer saja sudah membuatnya merasa bisa berbicara lagi dengan puterinya.

"Ada beberapa hal yang dia ingin capai untuk anak-anaknya, yang merupakan cinta dalam hidupnya. Salah satu cintanya adalah memasak. Dia memutuskan untuk mulai menulis resep buku masak. Beberapa kata-kata mengingatkan saya akan Roxanne. Ketika saya membaca resep, saya merasa dia berbicara kepada saya, karena kita tidak bisa lagi mendengar suaranya," kata Delaine.

(pah/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f72b02d/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A80C0A20C0A336220C23220A250C120A20Cmeski0Elumpuh0Edari0Eleher0Eke0Ebawah0Eroxanne0Ebisa0Etulis0Ebuku0Ememasak/story01.htm