Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Melihat Kepribadian di Balik Tipe Bersin

Melihat Kepribadian di Balik Tipe Bersin

TEMPO.CO, Jakarta - Peralihan musim dari kemarau ke hujan, alias pancaroba, biasanya menjadi momen peredaran kuman penyakit. Tidak sedikit orang yang terserang flu atau pilek kala musim pancaroba. Akibatnya, tak sedikit juga yang menderita bersin-bersin.

Menurut NBC News, bersin merupakan reaksi spontan. Terjadi ketika tubuh mendeteksi bakteri atau unsur lain yang membahayakan kesehatan tubuh. Dan sesungguhnya bersin tiap orang tidaklah sama. Ada yang berbunyi keras dan menimbulkan kelucuan, juga bersin kecil yang mirip dengan suara tikus. Dari gaya bersin itulah kepribadian seseorang dapat diketahui.

"Untuk mengetahui hubungan bersin dengan tipe kepribadian, peneliti asal Atlanta, Patti Wood, melakukan riset terhadap 500 responden," tulis koran Tampa Bay Times. Hasil riset itu menunjukkan, ada empat kepribadian berdasarkan tipe bersin.

1. Orang yang bersin dengan suara keras dan berkali-kali diperkirakan memiliki kepribadian yang demonstratif atau suka pamer, karismatik, serta apa adanya.

2. Orang yang mencoba menekan suara bersin biasanya bersifat sopan, ramah, dan tenang.

3. Orang dengan bersin keras dan cepat pada umumnya memiliki bakat menjadi pemimpin yang bersikap tegas.

4. Orang yang selalu menutup mulut ketika bersin memiliki kebiasaan yang rapi, metodis, dan selalu terencana.

Peneliti lain, Dr Alan Hirsch, berpendapat bersin tidak hanya bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Ahli saraf dan psikiater di Chicago ini melihat bila bersin dapat menguak kehidupan seks seseorang. "Ketika kita berpikir soal bersin, itu mirip dengan kualitas seks," kata Hirsch ke NBC News. "Jadi, bila seseorang merasa tertekan dengan kegiatan seksnya, ia cenderung bersin tertahan. Sedangkan orang yang menikmati seksnya, akan bersin dengan kuat dan keras."

CONNIE PACIFICA | COUNSEL & HEAL

Topik terhangat:
Ahok vs Lulung | Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri

Berita lainnya:
Ahok Hadapi Preman, Prabowo Pasang Badan
Ahmadiyah: Moeldoko Terlibat Operasi Sajadah 2011
Penerobos Portal Busway Bukan Anak Jenderal
Nazaruddin Janji Ungkap Kasus yang Lebih Besar

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/02/060501876/Melihat-Kepribadian-di-Balik-Tipe-Bersin