Kamis, 01 Agustus 2013

Beranda » » Manfaat Sawi Bagi Kesehatan

Manfaat Sawi Bagi Kesehatan

SAWI, di balik bentuknya yang terlihat biasa, ternyata sawi memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga. Seperti apa?  
Ya, sawi nyatanya memiliki kandungan dan khasiat luar biasa untuk tubuh.  Tak tanggung-tanggung, kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, terhindar dari nyeri sendi ialah jaminan bagi orang yang mengonsumsinya. Enggak percaya? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Huffingtonpost.
 
Sawi Memiliki Lebih Dari Vitamin C Jeruk
Satu cangkir irisan sawi memiliki 134 persen untuk asupan vitamin C harian yang direkomendasikan, sementara buah dengan ukuran jeruk medium hanya memiliki 113 persen dari kebutuhan harian C. Apalagi secangkir sawi beratnya hanya 67 gram, sementara jeruk ukuran medium beratnya 131 gram, jadi dengan kata lain sawi ini memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dibandingkan jeruk.
 
Kaya akan kandungan lemak positif untuk tubuh
Sayur sawi merupakan sumber asam alfa-linoleat (ALA), asam lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan otak, mengurangi risiko diabetes tipe dua dan meningkatkan kesehatan jantung Di man setiap cangkir sawi ini memilkik 121 miligram ALA, menurut buku Dr Drew Ramsey yaitu 50 Shades of Kale.
 
Ratu Vitamin A?
Sawi memiliki 133 persen vitamin harian seseorang, dimana lebih banyak dari sayuran berdaun hijau lainnya, menurut buku 50 Shades Of Kale.
 
Memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dibanding susu
Ini bukan perbandingan langsung, teteap perlu dicatat bahwa sawi memiliki 150 miligram kalsium per 100 gram, sedangkan susu hanya memiliki 125 miligram.
 
Lebih organik manfaat kesehatannya lebih baik
Menurut Environmental Working Group, sayuran sawi adalah salah satu yang paling mungkin untuk terkena pestisida. Karenanya Organisasi tersebut merekomendasikan memilih sawi organik (atau tumbuh sendiri!).
 
Ini Lebih Baik dengan Teman
Sawi memiliki banyak fitonutrien, quercetin - yang membantu memerangi peradangan dan mencegah pembentukan plak di arteri - dan sulforaphane, senyawa pelawan kanker. Tapi semua senyawa itu akan lebih efektif saat Anda makan mengombinasinya dengan makanan lain. Contohnya antara lain alpukat dan minyak zaitun.
(tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/08/01/486/845899/manfaat-sawi-bagi-kesehatan