Kamis, 01 Agustus 2013

Beranda » » Kopi Bisa Kurangi Risiko Bunuh Diri

Kopi Bisa Kurangi Risiko Bunuh Diri

TEMPO.CO, Jakarta - Buat sebagian orang, minum kopi adalah ritual penting setiap pagi. Bahkan ada orang yang tak bisa hidup tanpa kopi.

Kini ada alasan baru untuk lebih banyak lagi minum kopi. Belum lama ini, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebanyak 53 persen.

"Tidak seperti penelitian sebelumnya, saat ini kami sudah bisa mendekati asosiasi makanan berkafein dan tidak berkafein, dan kami sudah mengidentifikasi kemungkinan kafein sebagai kandidat yang paling efektif di dalam kopi," ucap Michel Lucas, peneliti dari Departemen Nutrisi di Havard Shcool of Public Health.
Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam World Journal of Biological pada Juli 2013 lalu. Kafein diidentifikasi sebagai pembuat efek penenang yang kemudian jadi elemen utama dalam penurunan risiko bunuh diri.

Penelitian Lucas bereksperimen pada  lebih dari 208 ribu  orang sejak 1988 hingga 2008. Hasilnya: mereka yang hanya meminum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 45 persen untuk bunuh diri. Hasilnya memang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang meminum hampir empat cangkir sehari.

WEBMD | RINDU P HESTYA


Topik Terpanas:

Ahok vs Lulung | Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri | Daging Impor

Berita Terpopuler:
Ahok: Saya Enggak Pernah Musuhan dengan Lulung
Ini 11 Proyek Yang Dilaporkan Nazaruddin ke KPK
Nazaruddin Janji Ungkap Kasus yang Lebih Besar
Ketua KPU Jatim: Jumat Khofifah Resmi Jadi Cagub
Dahlan Iskan Copot Dirut Merpati Rudy Setyopurnomo
Pejabat Pemukul Pramugari Sriwijaya Dicopot

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/01/060501625/Kopi-Bisa-Kurangi-Risiko-Bunuh-Diri