Jumat, 02 Agustus 2013

Beranda » » Kenapa Brokoli Baik untuk Kesehatan?

Kenapa Brokoli Baik untuk Kesehatan?

TEMPO.CO , Jakarta:Brokoli seringkali disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan. Anak-anak juga kerap bertanya kenapa mereka harus rajin makan sayuran hijau keriting ini.

Para ilmuwan di Institute of Food Research di Norwich Inggris kini menemukan alasan baru kenapa harus mengonsumsi brokoli.

Professor peneliti dari Institute, Richard Mithen menyatakan, glucoraphanin salah satu kandungan brokoli bisa membuat Mitochondria sangat aktif dan baik bagi tubuh. "Jika Mitochondria ini hilang, maka akan menimbulkan penyakit-penyakit penuaan," ujarnya Rabu (31/7).

Mitochondria ini laiknya batere yang menjaga sel-sel tubuh tetap hidup. Sehingga masalah penyakit kanker dan jantung bisa ditangkal.

Saran Richard ini didapat berdasar penelitian Institute terhadap 57 relawan yang dibagi rata dalam 3 kelompok.

Mereka meminta kelompok pertama untuk makan 400 gram brokoli dalam sepekan.Kelompok kedua disuruh mengonsumsi brokoli super Beneforte, yang mengandung banyak zat glucoraphanin. Kelompok ketiga hanya makan kacang polong.

Tim penelitian menemukan, glucoraphanin menjaga Mitochondria tetap hidup dan aktif. Kesehatan tubuh konsumen brokoli juga terjaga.

Menurut Richard, konsumsi brokoli biasa sudah cukup. Tak harus mengonsumsi brokoli super macam Beneforte. Richard menyarankan, dalam satu pekan setidaknya orang makan brokoli tiga kali.
NUR ROCHMI|DAILYMAIL

Topik terhangat:
Ahok vs Lulung | Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri

Berita lainnya:
Ahok Hadapi Preman, Prabowo Pasang Badan
Ahmadiyah: Moeldoko Terlibat Operasi Sajadah 2011
Penerobos Portal Busway Bukan Anak Jenderal
Nazaruddin Janji Ungkap Kasus yang Lebih Besar

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/02/060501746/Kenapa-Brokoli-Baik-untuk-Kesehatan