Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Empat Tip Siapkan Diri Jelang Persalinan

Empat Tip Siapkan Diri Jelang Persalinan

MENYIAPKAN diri pada hari-hari terakhir kehamilan sangat penting. Pasalnya kondisi ini bisa memudahkan Anda saat melahirkan.  
Kemudahan saat melahirkan merupakan hasil persiapan matang menjelang persalinan. Ya, ada beberapa hal yang harus dilakukan si calon ibu terlebih dahulu, agar memudahkan ia dalam proses persalinan. Apa saja itu?
 
Di bawah ini ada empat tip menyiapkan diri menjelang hari persalinan, seperti dilansir Magforwomen.
 
1. Berbicara dengan bayi Anda
Letakkan tangan Anda pada benjolan perut dan bicaralah dengan bayi Anda setiap hari. Bayi Anda bisa mendengarkan suara Anda, bahkan mengerti apa yang Anda katakan. Beritahu bayi Anda bagaimana perasaan Anda memiliki dia atau dia dalam diri Anda dan semua pengalaman positif bahwa Anda sudah bersyukur telah memiliki dia. Katakan pada diri sendiri dan bayi bahwa Anda berdua tak perlu panik cemas selama proses persalinan. Kemudian berjanji untuk melewati proses persalinan dengan tenang, dimana biasaya upaya ini berhasil membantu Anda menikmati setiap momen di ruang bersalin. Setelah itu feknya setiap kontraksi yang Anda rasakan akan membantu bayi mendekat. Meskipun rasa sakit tak akan berkurang, visualisasi positif ini akan membantu Anda bertahan dalam persalinan bila saatnya tiba.
 
2. Jauhkan diri dari kesibukan
Perbanyaklah istirahat bila saat-saat kelahiran bayi Anda sudah sangat dekat. Tapi hal ini bukan berarti harus istirahat sepanjang hari, Anda harus juga melakukan aktivitas agar fleksibelitas tubuh tetap terjaga. Di mana Anda bisa melakukan banyak hal, antara lain menulis, meluki, bernyanyi, mendengarkan musik atau menonton film.
 
3. Baca mengenai seluk beluk cara membesarkan bayi
Sebagai ibu baru nantinya, Anda akan dituntun bisa menjadi ibu yang baik, seperti membiasakan diri memegang dan menyusui bayi, mengganti popoknya dan lain lain. Tetapi sebenarnya Anda tak akan pernah punya waktu saat mencari pengetahuan mengurus anak setelah melahirkan. Untuk itu, cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan itu ialah banyak membaca seluk beluk membesarkan bayi, terutama bagi Anda yang sudah beberapa hari lagi anak Anda melahirkan.
 
4. Dapatkan hubungan intim dengan suami Anda
Beberapa hari terakhir kehamilan bisa membuat benar-benar perempuan stres. Karenanya berbagi kekhawatiran dengan suami dan mendapat kebutuhan secara intim bisa membantu Anda mengurangi stres dan lebih rileks.
(tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/08/02/486/846890/empat-tip-siapkan-diri-jelang-persalinan