Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Ditekan Pasangan, 1 dari 5 Wanita Ingin Diet Pasca Hamil

Ditekan Pasangan, 1 dari 5 Wanita Ingin Diet Pasca Hamil

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Namanya habis melahirkan, penampilan fisik seorang wanita pastilah tak sempurna. Yang paling menonjol adalah mummy tummy atau perutnya yang agak membuncit, tapi sebenarnya itu bukan berarti ia gemuk. Namun sebuah polling baru menemukan beberapa wanita tertekan ingin diet karena pasangan tampaknya kurang suka dengan penampilannya itu.

Polling yang digelar oleh BioOil itu memastikan mayoritas (satu dari lima wanita) ibu baru merasa insecure alias minder dengan bentuk tubuhnya setelah hamil atau melahirkan. Kondisi ini tentu tidaklah 'sehat' mengingat banyak wanita mengaku emosinya tak stabil, stres dan tertekan untuk tampil cantik. Demikian dilansir Daily Mail, Jumat (2/8/2013).

Kesimpulan itu diperoleh peneliti setelah menanyai 793 wanita yang usia kehamilannya baru mencapai tiga bulan. Setiap partisipan ditanyai tentang perasaan mereka terhadap tubuhnya saat itu. Kemudian mereka diwawancarai kembali setelah enam bulan setelah melahirkan.

Secara mengejutkan ditemukan 20 persen ibu muda tertekan untuk mendapatkan bentuk tubuhnya sebelum hamil karena tekanan dari pasangannya. Disusul dengan tekanan yang berasal dari media massa maupun anggota keluarganya yang lain.

Akibatnya separuh wanita mengaku mereka menekan dirinya untuk kembali ke berat badannya sebelum hamil.

"Saya kira ini mengkhawatirkan melihat banyak wanita yang berada di bawah tekanan tak penting dimana seharusnya mereka lebih memprioritaskan bagaimana caranya beradaptasi dengan kondisi fisiknya yang besar dan perubahan emosional terhadap tubuhnya, disamping kesejahteraan calon bayinya," tutur Kathryn Gutteride, Consultant Midwife and Clinical Lead di Sandwell and West Birmingham Hospitals.

"Penting bagi mereka untuk menyadari meski hanya butuh waktu 9 bulan untuk menumbuhkan seorang bayi di dalam perut saat hamil, bakal butuh waktu sedikit lebih lama (dari 9 bulan) untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh sebelumnya," tambahnya.

Tak hanya itu, studi ini pun telah memastikan banyak wanita yang kebingungan dengan perubahan bentuk tubuhnya yang terjadi selama dan setelah hamil. Bahkan 12 persen responden mengaku terkejut ketika benjolan perutnya tak langsung hilang pasca persalinan.

Padahal otot perut dan rahim seorang wanita hamil pasti banyak merenggang menyesuaikan dengan pertumbuhan si bayi dan karena hal ini, banyak wanita yang akan terus terlihat seperti mengandung 8-12 minggu hingga tiga bulan setelah melahirkan.

Setelah otot perut dan rahimnya telah kembali ke bentuk semula, studi ini pun menemukan mayoritas wanita butuh waktu lebih dari enam bulan untuk menurunkan berat badannya dan kembali ke bentuk tubuhnya semula.

Dalam polling juga diketahui 20 persen wanita butuh waktu dua minggu untuk bisa kembali 'langsing', 17 persen butuh sebulan, 15 persen responden memerlukan tiga bulan dan 27 persen mengatakan mereka perlu tiga bulan lebih untuk mendapatkan kembali tubuh idealnya.

Sekitar 40 persen wanita juga kerap mengkhawatirkan bentuk tubuhnya di tiga bulan pertama pasca lahiran. Yang paling mereka cemaskan adalah stretchmarks, kemudian berat badan, bentuk tubuh dan terakhir ukuran payudara.

(vit/vit)

Anda punya pengalaman diet yang menginspirasi? Silakan berbagi pengalaman Anda, dan jangan lupa sertakan foto sebelum dan sesudah diet di Sini

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f7ae247/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A80C0A20C20A0A5140C23232690C1410A0Cditekan0Epasangan0E10Edari0E50Ewanita0Eingin0Ediet0Epasca0Ehamil/story01.htm