Jumat, 02 Agustus 2013

Beranda » » Cegah Gigi Berlubang dengan Konsumsi Keju

Cegah Gigi Berlubang dengan Konsumsi Keju

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Jum'at, 2 Agustus 2013 11:52 wib

detail berita

Makan keju, ( Foto: Gstatic)

KEJU telah diketahui lama memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya ialah mencegah gigi seseorang berlubang. Enggak percaya?  
Penelitan terbaru Academy of General Dentistry, menemukan bahwa mengonsumsi keju bisa menjaga kesehatan mulut dari gigi berlubang.
 
Dalam hasil penelitian ini, peneliti menguji kadar pH dalam mulut responden-responden yang tak menyikat gigi mereka selam 48 jam. Setelah itu, meminta responden untuk mengonsumsi susu, yogurt bebas gula ataupun keju. Kemudian ditemukan, setelah tiga menit, responden yang mengonsumsi keju kadar pH menurun drastis.
 
"Ketika bakteri memakan makanan seperti keju, mereka akan mengeluarkan asam, dan menurunkan keseimbangan pH mulut," kata Dr, Mark Wolff, DDS, Ph.D selaku Penasihat Kesehatan Gigi Pria, sebagaimana dilansir Menshealth.
 
Seperti yang diketahui, kadar asam yang tinggi bisa menyebabkan erosi enamel ( pengikisan pada permukaan gigi), dan semakin memberikan peluang Anda pergi ke dokter gigi nantinya, tambah Dr. Wolff.
 
Lebih dalam, mengonsumsi keju dengan sebelum meminum segelas wine, seteguk cola atau menggigit tomat bisa membantu menertralkan asam yang berlebihan dalam mulut. Kendati, sampai sekarang tak ada penelitian yang membuktikan bahwa keju bisa membalikkan kerusakan gigi yang sudah terjadi.
 
Sementara itu, tambah Dr. Wolff, cara terbaik untuk bisa menghilangkan asam dalam mulut ialah dengan cara menyikat gigi secara teratur sebanyak dua kali sehari.
(tty)
  • Trik Hindari Kalap Makan Saat Pesta
  • Pengobatan untuk Penderita Pembesaran Prostat
  • Waspadai Gejala Awal Pembesaran Prostat
  • Penyebab Prostat Membesar
  • Manfaat Sawi Bagi Kesehatan

Source : http://health.okezone.com/read/2013/08/02/486/846385/cegah-gigi-berlubang-dengan-konsumsi-keju