Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Awas, Gangguan Kesehatan Mata Incar Pemudik Motor

Awas, Gangguan Kesehatan Mata Incar Pemudik Motor

INILAH.COM, Jakarta- Demi merayakan Lebaran dengan sanak keluarga di kampung halaman, orang rela mengupayakan segala cara agar bisa mudik.

Seperti yang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini yaitu mudik dengan sepeda motor. Padahal gangguan kesehatan lebih banyak mengintai pemudik sepeda motor.

Salah satunya yang mudah menyerang adalah iritasi penglihatan.

"Mengapa iritasi? Karena pengendara motor kan yang mudah terkena angin, debu, kotoran, dan lain sebagainya yang masuk ke dalam mata. Makanya iritasi mata banyak mengintai para pemotor," kata dokter spesialis mata, dokter Elvioza SpM (K) usai diskusi 'Cegah Kebutaan akibat Age-related Macular Degeneration (AMD) Sejak Sekarang' di Jakarta, baru-baru ini.

Tak hanya itu, paparan yang berlebihan akan sinar ultraviolet dari terik matahari juga akan menyebabkan iritasi pada mata. "Karena kan, pemudik dengan motor biasanya perginya di siang hari. Paparan sinar mataharinya kuat sekali," tambahnya.

Karenanya, penting bagi para pemudik dengan motor menggunakan pelindung seperti helm. Tak hanya melindungi kepala jika terjadi kecelakaan, helm juga dapat melindungi mata dari zat-zat asing yang bisa masuk ke dalam mata.

"Karenanya jangan lupa pakai helm dan juga kacamata untuk menangkal sinar ultraviolet," jelasnya.

Sedangkan selama perjalanan, lanjut dokter Elvioza, pemudik sepeda motor juga harus menjaga kemampuan kinerja penglihatannya. Jika memang mata sudah terasa lelah dan tegang apalagi mengantuk, maka tak ada jalan lain kecuali menghentikan perjalanan dan beristirahat dengan tidur.

"Jika mata sudah lelah ya istirahat dengan tidur misalnya. Tidur setidaknya 2-3 jam bisa mengistirahatkan mata dan tubuh sehingga nanti akan segar lagi. Sedangkan kalau misalnya kecapekan, dan mengantuk, lalu ketika menyetir tiba-tiba tertidur ini yang berbahaya," ujar dokter yang sehari-hari berpraktek di unit Mata Kirana di RSCM ini.

Sementara untuk menjaga kesiapan fisik selama perjalanan mudik, dokter Elvioza menyarankan mereka yang ingin mudik dengan membawa kendaraan sendiri khususnya pemudik sepeda motor agar jauh-jauh hari sebelum keberangkatan menghindari gaya hidup yang tidak sehat.

"Seperti merokok, alkohol, tidur larut malam, dan lain sebagainya. Itu yang harus dihindarkan," tambahnya. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2016870/awas-gangguan-kesehatan-mata-incar-pemudik-motor