Jumat, 02 Agustus 2013

Beranda » » Atasi Siklus Tidur Buruk dengan Berkemah

Atasi Siklus Tidur Buruk dengan Berkemah

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Jum'at, 2 Agustus 2013 11:08 wib

detail berita

Pria sedang kemping, ( Foto : Hillcountryfoundation)

SIKLUS tidur Anda buruk dan ingin kembali memiliki tidur berkualitas? Jangan khawatir, banyak cara untuk mengatasi keluhan itu. Misalnya saja dengan mengambil cuti untuk pergi berkemah.  
Ya, penelitian dari University of Colorado di Boulder menemukan, berkemah di bukit atau gunung bisa membantu mengatur ulang siklus tidur seseorang.
 
"Mengapa berkemah bisa membantu mengeset ulang siklus tidur? Pasalnya berkemah dilarang untuk membawa ipad dan hanya terkena cara matahari serta api unggun. Di mana hal itu membuat hormon tidur melatonin seseorang meningkat, sehingga berkemah bisa membuat merasa mengantuk saat matahari terbenam dan bangun tidak lama setelah matahari terbit, " kata Kenneth Wright, Ph.D selaku penulis penelitian tersebut, seperti dilansir Menshealth.
 
Tak hanya itu, tambah dia, bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur layaknya burung hantu. Anda bisa berada pada risiko obesitas dan mengalami suasana hati buruk saat bangun pagi. Tetapi saat Anda terkena matahari alami dan kurang pencahayaan listrik, kondisi itu bisa membantu Anda mencapai tidur pada awal waktu dan bangun tepat saat terbit matahari.
 
Meski begitu, tak banyak orang yang mengambil cuti untuk pergi berkemah selama beberapa hari. Namun tak usah takut, cara lain seperti mengeset alarm untuk bangun pagi, kemudian lanjut berjalan-jalan bisa membantu mengatur ulang siklus buruk seseorang. Tak kalah penting ialah untuk mematikan komputer dan lampu kamar saat malam hari, terutama satu jam sebelum tidur.
(tty)
  • Pangeran William: Ambil Cuti Saat Istri Melahirkan Anak Itu Penting
  • Kurang Tidur Bikin Suasana Hati Jadi Buruk
  • Minum Kopi Tiap Hari Pangkas Risiko Bunuh Diri
  • Hati-hati Terinfeksi Bakteri Pemakan Otak Saat Berenang
  • Dada Sesak & Kepala Pusing? Waspadai Tekanan Darah Tinggi

Source : http://health.okezone.com/read/2013/08/02/482/846341/atasi-siklus-tidur-buruk-dengan-berkemah