Sabtu, 03 Agustus 2013

Beranda » » Alasan Aneh Penyebab Gusi Berdarah

Alasan Aneh Penyebab Gusi Berdarah


KOMPAS.com - Gusi berdarah diidentikkan dengan buruknya perawatan kesehatan mulut, karena itu salah satu cara untuk mencegah gangguan ini adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Namun kadang gusi berdarah tidak hanya diakibatkan oleh kesalahan dalam merawat kebersihan semata. Ada juga beberapa alasan mengapa orang bisa mengalami gusi berdarah meski sudah baik merawat kesehatan mulut mereka, berikut di antaranya.

1. Merokok
Merokok merupakan salah satu alasan aneh gusi berdarah. Jika Anda seorang perokok, maka Anda memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami gusi berdarah karena merokok cenderung meningkatkan risiko penyakit gusi. Saat meniup keluar asap rokok, ada racun-racun darinya yang menempel di gusi dan gigi. Sisa-sisa racun inilah yang akan mengakibatkan gusi berdarah saat jumlahnya makin banyak.

2. Pola makan
Pola makan yang tidak baik akan memicu kesehatan mulut yang buruk. Sementara jika Anda memiliki pola makan yang baik, maka sistem imun secara keseluruhan akan baik. Anda pun terhindar dari permasalahan kesehatan yang buruk, termasuk kesehatan mulut.

3. Kehamilan
Sebuah penelitian mengatakan selama hamil wanita lebih rentan mengalami gusi berdarah. Perubahan hormonal selama kehamilan meningkatkan risiko gusi berdarah.

4. Gingivitis
Ini adalah salah satu alasan utama kenapa gusi bisa berdarah. Penumpukan plak dan bakteri pada gusi mengakibatkan peradangan gusi yang membuat timbulnya darah. Namun gingivitis umumnya tidak sakit sehingga orang cenderung mengabaikannya.

5. Kesalahan menyikat gigi
Menyikat gigi terlalu keras akan menyakiti gusi. Gusi merupakan jaringan lembut sehingga tekanan keras akan membuatnya bengkak dan berdarah.

6. Stres
Stres dan cemas berlebihan dalam waktu lama akan memicu gusi berdarah. Stres membuat gusi meradang dan pembuluh darah sekitar gusi pecah sehingga mengeluarkan darah pada mulut.

7. Pengobatan
Jenis pengobatan tertentu akan meningkatkan risiko gusi berdarah.

8. Berciuman
Berciuman bisa jadi sarana penularan penyakit gusi yang berujung pada gusi berdarah.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/08/03/1149333/Alasan.Aneh.Penyebab.Gusi.Berdarah