Minggu, 04 Agustus 2013

Beranda » » 6 Cara Sehat Konsumsi Jamur

6 Cara Sehat Konsumsi Jamur


KOMPAS.com - Jamur merupakan salah satu makanan tersehat dengan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Bahan pangan satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan energi dan memperbaiki imunitas tubuh.

Jamur menjadi lengkap karena rasanya yang juga memanjakan lidah. Teksturnya yang "berdaging" membuat para vegetarian mengandalkannya sebagai pengganti daging.

Tertarik mencobanya untuk membantu mengurangi konsumsi daging? Agar tidak bosan, variasikanlah cara memakannya dengan cara-cara berikut.

1. Dimakan mentah
Tak harus dimasak, dimakan mentah pun jamur sudah dapat memberikan rasa yang enak. Jamur dapat dipotong dan dirajang tipis, kemudian diselipkan dalam salad atau sandwich. Namun jamur perlu dibersihkan dengan baik dulu sebelum dimakan mentah.

2. Dipanggang
Cara yang baik untuk mengeluarkan rasa manis dari jamur yaitu dengan memanggangnya. Memanggang juga merupakan salah satu cara tersehat dalam memasak jamur. Sebelum dipanggang, jamur terlebih dulu dioleskan minyak zaitun untuk membantu mengeluarkan rasa alami dari jamur. Panggang hingga warnanya menjadi kecoklatan.

3. Ditumis
Cara enak, sederhana, dan sehat untuk memakan jamur yaitu dengan menumisnya. Dengan cara ini, jamur hanya menyerap sedikit minyak sehingga lebih sehat. Rajang jamur menjadi beberapa bagian sebelum menumisnya agar lebih cepat matang.

4. Direbus
Merebus jamur dengan sedikit air akan memberikan rasa yang dalam pada jamur. Cara ini juga dapat membuat jamur menjadi lebih mengenyangkan. Lakukan dengan api kecil untuk mengeluarkan rasa dan tekstur yang lebih enak dan lembut.

5. Digoreng tepung
Cara yang enak dan cenderung populer, terutama untuk anak-anak. Dengan cara ini, rasa jamur bisa lebih enak, gurih, dan renyah. Jamur bisa digoreng dengan cara yang sama seperti ayam.

6. Dibakar
Merupakan salah satu cara yang paling sehat untuk memakan jamur karena hanya menggunakan sedikit minyak. Minyak digunakan untuk menjaga teksturnya tetap lembut dan lembab, serta memberikan rasa tambahan.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/08/03/1403342/6.Cara.Sehat.Konsumsi.Jamur