Selasa, 30 Juli 2013

YOU 62, Band Wujud Perjuangan Pasien Kanker

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Salah satu cara yang menghadapi penyakit mematikan seperti kanker adalah dengan berpikir dan bersikap positif. Hal inilah yang kemudian diwujudkan oleh band YOU 62 yang beranggotakan 7 orang musisi dengan penyakit tumor dan kanker.

Seperti dikutip dari The Sun, Senin (29/7/2013) band ini telah menulis dan merekam single amal mereka setelah 5 anggota pertama bertemu. Band ini terbentuk diawali saat mereka bertemu selama sesi musik sebagai bagian dari pengobatan untuk kanker.

Adalah Gemma Long, salah satu personelnya yang didiagnosis tumor otak September lalu dan telah menjalani radioterapi dan kemoterapi. Gadis 21 tahun ini sudah terbiasa bermain gitar, namun tumor di kepalanya memberikan dampak pada penggunaan tangan kirinya.

"Saya akhirnya dilibatkan namun tidak untuk bermain gitar, tetapi bermain gitar bass," ujarnya. Ia mengakui bahwa hal ini membantu dirinya untuk membangun kekuatan kembali dan juga menjaga pikirannya.

"Bermain bersama anggota band dan merekam single adalah sebuah pengalaman hebat dan saya sangat berharap kami dapat melakukannya dengan baik," tambahnya.

SNama YOU 62 diambil dari sebuah Unit Onkologi khusus anak muda (Young Oncology Unit) di Christie's Hospital in Withington, Manchester. Nah, di tempat inilah mereka biasa bertemu untuk melakukan sesi terapi musik. Sedangkan angka 62 adalah jumlah dari anggota di RS tempat mereka bertemu yang didiagnosa sakit kanker.

Vokalis YOU 62, Rick Tweedie ,mengatakan bahwa band ini telah mengubah hidupnya sejak kanker otaknya kembali pada 2009. Sebelumnya, Rick sendiri telah berhasil berjuang melawan tumor saat ia berusia 7 tahun.

Pria berusia 26 tahun itu telah menderita stroke selama operasi pengangkatan tumornya sehingga mengakibatkan sebagian dari tubuhnya tidak dapat berfungsi kembali.

"Sampai pada saat saya berjalan memasuki ruangan dan mulai bernyanyi saya sudah menyerahkan hidup saya. Kanker telah merampas sebagian dari masa kecil saya dan sekarang saya kembali untuk kedua kalinya saat hidup saya sudah berjalan dengan baik," ungkap Rick.

Tetapi, sampai saat ini ia tidak pernah menyerah akan keadaannya. Ia memang sempat putus asa, namun menyanyi dan bermain musik telah membawanya hidup kembali. "Saya bisa menyanyi dan bermain musik dan itu benar-benar membawa saya kembali dari tepi jurang hidup saya," ucapnya.

Single mereka yang berjudul Blue Sky Day sudah bisa diunduh sejak 21 Juli 2013 lalu. Keuntungan yang di dapat akan disumbangkan pada Teenage Cancer Trust yang juga mendanai unit mereka.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f4b964a/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C290C20A0A3560C2318130A0C7630Cyou0E620Eband0Ewujud0Eperjuangan0Epasien0Ekanker/story01.htm