Senin, 29 Juli 2013

Beranda » » Waspadai Suplemen Vitamin Mengandung Steroid

Waspadai Suplemen Vitamin Mengandung Steroid

TEMPO.CO, New York - Regulator pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) memperingatkan konsumen untuk menghindari satu merek suplemen vitamin B karena mengandung steroid anabolik yang berpotensi membahayakan. Tes laboratorium awal menunjukkan produk, dengan nama Healthy Life Chemistry By Purity First B-50, berisi methasterone dan dimethazine, kata Food and Drug Administration.

"Produk ini dipasarkan sebagai vitamin," kata Howard Sklamberg, direktur Kepatuhan FDA.

Regulator menerima 29 pengaduan terkait dengan produk, termasuk kelelahan, nyeri otot dan kram, serta masalah jantung dan tiroid. Konsumen perempuan melaporkan pertumbuhan rambut yang tidak biasa dan menstruasinya terhenti. Sedang konsumen laki-laki dilaporkan mengalami impotensi dan kadar testosteron yang sangat rendah.

Beberapa pasien dirawat di rumah sakit, FDA mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Tetapi tidak ada kematian yang dilaporkan."

Lembaga ini mengimbau siapapun yang menggunakan produk ini untuk segera melaporkan kasus tersebut ke FDA dan mencari perawatan medis.

Produk yang dibuat oleh Mira Health Products Ltd ini dijual secara online dan di toko-toko di seluruh Amerika hingga mancanegara. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari perusahaan itu.

CNN | TRIP B

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/28/060500307/Waspadai-Suplemen-Vitamin-Mengandung-Steroid