Rabu, 31 Juli 2013

Beranda » » Waspada, Suplemen Vit B Mengandung Steorid

Waspada, Suplemen Vit B Mengandung Steorid


Kompas.com - Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan peringatan agar konsumen menghindari suplemen vitamin B yang dijual Healthy Life Chemistry oleh Purity First karena mengandung steroid anabolik yang berbahaya.

FDA mengatakan suplemen B-50 tersebut positif mengandung methasterone dan dimethazine, dua jenis steroid yang terkadang dipakai secara ilegal oleh binaragawan. Kedua steroid tersebut juga tidak tercantum dalam kemasan suplemen.

Badan tersebut juga telah menerima 29 laporan efek samping terkait produk suplemen itu, antara lain kelelahan, kram otot dan nyeri. Beberapa kasus bahkan memerlukan perawatan dokter, meski tidak ada laporan kematian atau kerusakan liver.

Suplemen vitamin B berbahaya itu diproduksi oleh Mira Health Product di Farmingdale, New York, dan dijual di toko obat serta online. Perusahaan tersebut juga menolak perintah FDA untuk secara suka rela menarik produk ini.

Kandungan steroid dalam suplemen vitamin ini bisa menyebabkan efek samping tumbuhnya rambut yang tidak biasa dan gangguan menstruasi pada wanita, serta impotensi dan gangguan testosteron pada pria.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/31/1101191/Waspada.Suplemen.Vit.B.Mengandung.Steorid