Senin, 22 Juli 2013

Wali Kota New York Mengajak Warganya Rajin Menaiki Tangga

Wali Kota New York Mengajak Warganya Rajin Menaiki Tangga

Peserta berlari menaiki tangga menuju garis finish di lantai 86, dalam lomba lari menaiki Gedung Empire State di New York (8/2). Lomba tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-35 kali, melombakan nomor untuk pria dan wanita, dengan jumlah anak tangga yang harus dilalui setiap pesrta dari start hingga finish sebanyak 1.576. REUTERS/Mike Segar

TEMPO.CO, New York – Wali Kota New York, Michael Bloomberg, mulai mengkampanyekan gerakan naik tangga, pada Rabu, 17 Juli 2013. Bloomberg minta warganya lebih sering meninggalkan lift dan mulai menggunakan tangga untuk menuju lokasi kerja. Kampanye ini adalah bagian dari gerakan 10 ribu langkah untuk kesehatan.

"Dalam kampanye ini, Bloomberg mengusulkan dua hal," tulis situs Women's Health Magazine, Jumat, 19 Juli 2013. Pertama, Bloomberg membutuhkan prasarana yang memberikan tanda peringatan di dekat elevator. Peringatan ini berisikan saran untuk menggunakan tangga. Kedua, ia akan mengubah kode bangunan dengan tetap membuka tangga selama 24 jam penuh setiap harinya.

Selain itu, ia juga akan meminta Center for Active Design, yakni sebuah organisasi nirlaba di bidang desain, untuk membantu mempromosikan aktivitas fisik ini melalui desain arsitektur. Dalam hal ini, organisasi akan mengawasi desain tangga, sehingga tangga tetap bersih, memiliki pencahayaan yang cukup, dan menghiasi dinding tangga dengan sentuhan seni. Dengan begitu, diharapkan orang akan semakin tertarik untuk menggunakan tangga.

Gerakan 10.000 langkah yang diaplikasikan dengan penggunaan tangga ini dianggap lebih efektif dibandingkan hanya dengan berjalan di medan yang datar. Gravitasi yang lebih kuat dalam menaiki tangga dapat bertindak sebagai bentuk alami dari perlawanan terhadap berat badan. Gravitasi ini akan memaksa otot-otot di paha untuk bekerja lebih keras saat seseorang bergerak menaiki tangga.

Meskipun demikian, para ahli menyarankan untuk memulainya secara perlahan. Jangan tiba-tiba menaiki tangga hingga 10 lantai. Mike Wunsch, seorang pelatih dari National Strength and Conditioning Association, menyarankan untuk menaiki tangga sebanyak 2 lantai terlebih dahulu atau sekitar 28 langkah untuk memperkuat kaki. Jika hal ini dapat dilewati dengan mudah, rute penaikan tangga dapat diperpanjang, sehingga dapat meningkatkan denyut jantung dan akhirnya akan membantu membakar kalori.

WOMEN'S HEALTH MAGAZINE | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Terpopuler:
Si Cantik Anggita Sari Menunggu Vonis Suami
Bayern Munchen Belum Terbendung
Siswi Meninggal, Menteri Nuh: Harus Diusut Tuntas
Indonesia, Kandang Kedua Liverpool
MOS di DIY Diminta Dibubarkan

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/22/060498466/Wali-Kota-New-York-Mengajak-Warganya-Rajin-Menaiki-Tangga