Jumat, 12 Juli 2013

Tunda Potong Tali Pusat Sehatkan Bayi?

TEMPO.CO, Adelaide – Menunda memotong tali pusat hingga lebih dari 3 menit ternyata baik untuk kesehatan bayi. Kadar zat besi dalam darah bayi akan lebih baik bila tali pusat diputuskan kemudian. Ini akan mencegah bayi menderita anemia di kemudian hari. Umumnya, tali pusat akan langsung dipotong begitu bayi lahir. Ini justru membuat bayi berisiko kekurangan zat besi.

"Membiarkan tali pusat terhubung selama beberapa menit akan memungkinkn darah dalam tali pindah ke tubuh bayi," tulis Daily Mail, Rabu, 10 Juli 2013. Sebagian besar bayi akan dipotong tali pusatnya kurang dari satu menit setelah ia lahir.

Namun, pemotongan yang terlalu cepat dinilai akan mengurangi jumlah darah yang mengalir dari ibu ke bayi. Dan, hal ini akan juga mempengaruhi kadar zat besi dalam darah bayi. Di sisi lain, penundaan pemotongan juga bisa menimbulkan risiko penyakit kuning. Sementara itu, WHO merekomendasikan tali pusat bayi segera diikat (setelah dipotong) dalam waktu 1 hingga 3 menit.

Pada tahun 2007, sebuah pedoman tentang pemotongan tali pusat diluncurkan. Di situ tertuang, segera memotong tali pusat adalah pilihan terbaik. Namun, ini masih menjadi perdebatan yang panjang hingga saat ini.

Penelitian terbaru yang melibatkan 3.911 perempuan dan bayi mereka menunjukkan pemotongan tali pusat yang tidak disegerakan tidak memiliki bahaya terhadap pendarahan ibu dan kurangnya kadar hemoglobin dalam darah bayi. Intinya, kesehatan bayi akan tetap terjaga.

Bahkan, penundaan pemotongan tali pusat membuat bayi memiliki kadar hemoglobin yang lebih tinggi pada satu atau dua hari setelah kelahiran. Dan, sangat kecil kemungkinannya untuk kekurangan zat besi hingga usia 3-6 bulan. Ditambah lagi, berat badan bayi akan lebih besar.

"Ini menjadi bukti bahwa penundaan pemotongan tali pusat akan meningkatkan tingkat konsentrasi hemoglobin di masa awal kehidupan bayi sehingga cadangan zat besi dalam darah bayi menjadi lebih banyak," ujar Dr. Philippa Middleton dari Universitas Adelaide, Australia. Oleh sebab itu, secara tidak langsung, bayi akan terhindar dari anemia di kemudian hari.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Lainnya:

Ditanya BLSM, Jokowi Geleng-geleng
Wartawati Korban Pemerkosaan Merasa Ditekan Polisi 
Batasi Mobil, Tarif Parkir Dinaikkan 4 Kali Lipat 
Dahlan Iskan: Ada Dirut BUMN Dipecat Karena Istri
Polisi Dinilai Tak Berempati ke Korban Pemerkosaan
Polisi Pastikan Santoso yang Ada di Video YouTube

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/11/060495392/Tunda-Potong-Tali-Pusat-Sehatkan-Bayi