Jumat, 12 Juli 2013

Tunda Potong Ari-ari Bayi Cegah Kurang Zat Besi

INILAH.COM, Jakarta- Menunda memotong tapi pusar bayi baru dilahirkan selama lebih dari tiga menit akan membuat bayi lebih sehat dan berat badan bayi juga lebih tinggi.

Hal sebaliknya ditemukan para ilmuan dari Universitas Adelaide yaitu bahwa memotong tali pusar setelah bayi dilahirkan dapat menemparkan bayi pada risiko kekurangan zat besi. Hal itu karena akan mengurangi jumlah darah dari ibu ke bayi melalui plasenta sehingga mempengaruhi kadar besi pada bayi.

Selain itu, memotong tali pusar satu menit setelah kelahiran juga meningkatkan risiko bayi kuning. Kini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemotongan plasenta yaitu antara satu sampai tiga menit setelah lahir.

"Ada bukti yang berkembang bahwa pemotongan tali pusar yang ditunda peningkatan konsentrasi hemoglobin awal dan simpanan zat besi pada bayi, pendekatan untuk menunda penjepitan tali pusat pada bayi tampaknya dibenarkan," kata Dr Philippa Middleton, dari Universitas Adelaide

Tak hanya itu, penundaan pemotongan tali pusar juga mengurangi risiko terapi cahaya karena menderita penyakit kuning. "Manfaat harus ditimbang terhadap risiko penyakit kuning pada bayi baru lahir," ujarnya.

Studi ini dipublikasikan dalam The Cochrane Library, seperti dilansir dari dailymail. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2009427/tunda-potong-ari-ari-bayi-cegah-kurang-zat-besi