Selasa, 16 Juli 2013

Tujuh Tanda Kesehatan Anda Bermasalah

TEMPO.CO, Jakarta - Kita sering 'salah percaya' bahwa kita dalam kondisi baik-baik saja sampai sesuatu yang tak diinginkan menyangkut kesehatan kita terjadi. Sebenarnya, ada sejumlah indikasi yang cenderung diabaikan, yang sebenarnya memberitahu kita sejak awal bahwa ada sesuatu yang tidak benar tengah terjadi dalam tubuh kita.

Kegagalan untuk memperhatikan tanda-tanda ini tentu saja akan cenderung mengarah pada hal-hal yang semakin buruk, yang mungkin akan menimbulkan masalah yang lebih mengkhawatirkan.

Situs Fitnea memberi petunjuk, setidaknya ada tujuh tanda kesehatan Anda tengah bermasalah, yaitu:

Bibir pecah-pecah

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang hanya terjadi karena cuaca, tapi bibir pecah-pecah, terutama pada sudut-sudutnya, menunjukkan Anda kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini dalam sistem Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan akan mempengaruhi darah Anda. Segera konsumsi suplemen vitamin B12 atau berkonsultasilah ke dokter.

Anda tidak setinggi yang Anda dulu

Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi seiring bertambahnya usia ada kecenderungan bagi kita untuk 'mengecil'. Namun waspadai jika mengecilnya tubuh Anda terjadi secara tak wajar, karena bisa jadi Anda mulai mengalami osteoporosis. Bermasalah dengan penyakit ini artinya Anda akan riskan jika terjatuh, atau bahkan berisiko bungkuk. Sebaiknya perbaiki pola diet Anda untuk mencegah kondisi semakin bertambah buruk.

Gampang pilek

Jika Anda  lebih rentan terhadap pilek mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda atau mungkin ada beberapa jenis masalah terkait hal ini. Anda mungkin kekurangan vitamin C atau ada virus yang tengah menyerang tanpa Anda sadari. Tes darah diperlukan untuk memastikan hal ini, namun yang terpenting adalah lakukan cara alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sarat kandungan gizi.

Urin Anda terlalu kuning

Adalah penting bahwa Anda memperhatikan warna urin Anda karena hal ini benar-benar dapat menjadi indikator yang fantastis tentang kesehatan secara umum. Jika Anda terhidrasi inya urin Anda jernih. Namun jika Anda minum secara cukup namun urin Anda kuning warnanya, bisa jadi ada masalah dalam ginjal Anda, sehingga limbah tubuh tidak diproses dengan benar. Untuk mengujinya, silakan Anda minum secara cukup minimal 2 liter perhari dan jika masuk kuning juga warnanya, sebaiknya Anda segera ke dokter.

Kulit terus bermasalah

Jika Anda menemukan bahwa Anda senantiasa berjerawat, eksim, atau gangguan kulit lainnya secara teratur maka bisa berarti Anda tak merawat kulit dengan benar atau mengenakan produk yang salah. Namun bisa juga, karena alergi atau tubuh tengah memberitahu Anda dalam kondisi psikologis yang tak sehat.

Pola tidur mendadak terganggu

Jika Anda menemukan bahwa pola tidur Anda terganggu dan Anda menderita beberapa bentuk insomnia, bisa jadi karena  tubuh dan pikiran Anda menjadi terlalu stres. Ketika kita tidur, tubuh kita seharusnya menurunkan jumlah kortisol yang berguna untuk meredam stres. Ketika ini terjadi tubuh kita berjuang untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi ulang 'baterai' yang terus menurun. Ketika ini terjadi, kita berisiko dengan semua jenis penyakit karena sistem kekebalan tubuh kita tidak beroperasi pada kapasitas penuh.

Anda lelah walau cukup tidur

Jika Anda cukup tidur, tapi masih menemukan bahwa Anda lelah di sore hari, maka mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan tiroid Anda. Masalahnya di sini adalah bahwa kelenjar adrenal Anda sedang kelelahan, mengarahkan tubuh Anda menggunakan semua energi tanpa digantikan dengan cara yang tepat. Masalah ini menyebabkan tubuh Anda menjadi seolah sedang sedang lari ke bawah. Ketika hal ini terjadi, Anda seolah tengah membuka diri untuk masalah kesehatan lainnya yang potensial. maka sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan tiroid Anda.

TRIP B

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/16/060496740/Tujuh-Tanda-Kesehatan-Anda-Bermasalah