Jumat, 26 Juli 2013

Beranda » » Trik Agar Makanan Terasa Lebih Lezat

Trik Agar Makanan Terasa Lebih Lezat

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Jum'at, 26 Juli 2013 18:25 wib

detail berita

Pria yang sedang menyiapkan makanannya, (Foto : Corbisimages)

MAU tahu cara agar proses makan makanan Anda jadi lebih nikmat dan terasa lezat? Caranya sangat mudah, sempatkanlah melakukan ritual yang biasanya Anda lakukan sebelum memulai makan.  
Penelitian Kathleen Vohs, Ph.D dari University of Minnesota menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan ritual sebelum makan dapat meningkatkan rasa makanan yang akan dilahap.
 
Dalam hasil penelitian ini, peneliti menginstruksikan responden untuk membuka satu batang coklat dengan ritual terlebih dahulu dan sejumlah responden lain mengonsumsi tanpa adanya ritual. Kemudian dari sana ditemukan data, responden yang proses makannya melakukan ritual terlebih dahulu, menghabiskan waktu saat makan lebih banyak dan mengatakan bahwa menu makanan mereka beraroma lezat, ketimbang responden yang tak melakukan ritual.
 
"Ketika Anda melakukan tradisi atau ritual sebelum makan — entah mengatur meja makan, menyalakan lilin seperti sedang berulang tahun- akan meningkatkan rasa makanan apapun yang Anda makan. Hal inilah yang disebut proses "keterlibatan," kata Kathleen selaku penulis penelitian tersebut, seperti yang dikutip Menshealth.
 
Rasa keterlibatan ialah bentuk kesadaran rasa memiliki makanan ini, sehingga membantu Anda menikmati setiap makanan yang masuk ke dalam mulut dan bahkan biasanya akan ingin menambah makan lagi, terang Kathleen.
 
Selain itu, kata dia, cara lain untuk dapat menikmati makanan yang Anda makan ialah dengan memotongnya menjadi bagian kecil. Hal ini agar Anda bisa lebih banyak menikmati makanan yang Anda pegang. Apalagi satu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan, seseorang yang mengonsumsi makanan dengan ukuran besar mendapat 52 persen lebih banyak kalori, dari pada seseorang yang mengambil makanan dengan gigitan kecil. Tentu cara ini tak hanya meningkatkan kepuasan saat Anda makan, tapi juga menjaga kesehatan tubuh.
(tty)
  • Lima Fakta Pil Diet Perlu Diketahui
  • Ubi Jalar Bantu Kesehatan Tubuh Luar dan Dalam
  • Jangan Lupakan Minuman Energi Saat Berolahraga
  • Tenggak Alkohol "Bunuh" Hasil Olahraga Anda
  • Pentingnya Yoga untuk Narapidana

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/26/486/843170/trik-agar-makanan-terasa-lebih-lezat