Rabu, 24 Juli 2013

Tiga Penulis Ternama Dunia Tampil Sepanggung

TEMPO.CO, New York - Kita sering menyaksikan aksi para artis atau bintang film berada di atas panggung. Namun, kali ini tiga penulis terkemuka dunia tampil dalam sebuah acara sastra di New York untuk membacakan kutipan novel terbaru mereka dan sesi tanya jawab.

Mereka adalah Salman Rushdie, Martin Amis, dan Ian McEwan yang ikut meramaikan temu sastra di 92nd Street Y di Manhattan, New York, sebuah pusat kegiatan sastra nonprofit pada Senin, 22 Juli 2013. Amis dan McEwan membacakan sebagian dari novel terbarunya, dengan Rushdie yang memberi pengantar serta menjadi moderator dalam sesi tanya jawab.

Sangat menarik menyaksikan penampilan tiga sastrawan yang kini berusia 60-an. Seperti dilaporkan The Washington Post, ketiga penulis ini merupakan teman lama yang tampil santai tanpa jas dan dasi.

Di atas panggung, ketiganya tak hanya memberi komentar atas karya, tapi juga bercanda, antara lain menyebut penghargaan sastra Booker Prize yang pernah diraih Rushdie dan McEwan, tapi Amis belum pernah mendapatnya.

Novel Amis terbaru, Lionel Asbo, dan karya McEwan, Sweet Tooth, sudah beredar di pasar dalam edisi sampul tipis. Saat membuka acara, Rushdie juga menyebutkan 'kehilangan orang keempat' untuk merujuk teman mereka sesama sastrawan, Christopher Hitchens, yang meninggal karena kanker pada Desember 2011.

Para undangan yang hadir tampak antusias menikmati aksi sepanggung tiga penulis ternama, dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang menggunakan kartu. Misalnya, mereka menanyakan pendapat para penulis itu tentang bagaimana kelak orang-orang mengikat mereka.

HADRIANI P/ THE WASHINGTON POST/ BBC

Terhangat
Bayi Kate Middleton
Front Pembela Islam | FPI
Bisnis Yusuf Mansur
Aksi Chelsea di GBK
Daging Sapi Impor

Baca juga:
Lady Gaga Kian Bersinar
Menikah, Judika dan Duma Pilih Tempat Spesial
Aktor Hollywood Dennis Farina Meninggal

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/24/109499200/Tiga-Penulis-Ternama-Dunia-Tampil-Sepanggung