Selasa, 23 Juli 2013

Terungkap:Mengapa Perokok Juga Jadi Peminum!

INILAH.COM, Jakarta- Terungkap sudah mengapa alkoholisme lebih banyak menimpa mereka yang juga pecandu rokok. Alkoholisme terjadi 10 kali lebih umum terhadap perokok berat.

Penelitian Baylor College of Medicine menemukan fakta bahwa nikotin, zat yang ada pada rokok menyebabkan produksi hormon stres berlebih pada otak.

Nah, ketika hormon stres ini sudah membanjiri otak, maka yang dibutuhkan adalah cara mengatasinya. Kebutuhan inilah yang kemudian dipenuhi oleh alkohol.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuron menjelaskan, minum alkohol meningkatkan produksi dopamin neurotransmitter di daerah otak yang terkait dengan rasa kesenangan, penghargaan, dan kecanduan.
Ini kemudian yang membawa suasana hati membaik yaitu dengan menumpulkan efek stres, membawa pada perasaan akrab.

Hal ini menyebabkan beberapa orang minum lebih banyak untuk mencapai perasaan lebih baik itu. Temuan setelah tim melakukan percobaan pada tikus.

"Temuan kami menunjukkan mekanisme nikotin mempengaruhi sistem syaraf yang berhubungan dengan penyalahgunaan alkohol, menyediakan landasan untuk mengkonsep strategi yang bertujuan mengurangi hubungan antara merokok dan kemudian penyalahgunaan alkohol," kata penulis senior Dr John Dani seperti dilansir dari nydaily. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2013011/terungkapmengapa-perokok-juga-jadi-peminum