Kamis, 04 Juli 2013

Temuan Jenius di Balik Serial Lie to Me

TEMPO.CO, Washington, D.C - Seorang pelopor sejati dalam bidang psikologi, Dr Paul Ekman telah menemukan keunikan dari emosi dan ekspresi universal manusia. Apa yang ia pelajari sangatlah menakjubkan. Penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat tujuh jenis emosi manusia yang tergambar secara umum walaupun manusia tersebut memiliki suku, budaya serta umur yang berbeda.

Dalam situsnya dijelaskan bahwa, Ekman telah melakukan penelitian mengenai korelasi yang berhubungan dengan emosi seseorang. Penemuan terbesar Ekman adalah 'mikro ekspresi', yang muncul di wajah seseorang selama sepersekian detik sebagai indikator emosi.

Penemuannya itu pun ia tuangkan ke dalam film yang telah menjadi hit, yaitu "Lie to Me". Dalam serial "Lie to Me", menceritakan perjalanan hidup sebuah perusahaan konsultan yang bernama Lightman Group. The Lightman Group diketuai oleh Dr. Cal Lightman (Tim Roth), seorang psikolog yang jenius dan hampir tidak pernah salah dalam mendeteksi kebohongan.

Konsultan ini membantu para penegak hukum dalam memecahkan kasus-kasus kejahatan yang dihadapi. Dalam menyelesaikan kasusnya, Cal bersama rekan-rekannya mendeteksi kebohongan tanpa menggunakan alat bantu apapun, hanya dengan mengamati mimik dan tingkah laku seseorang, mereka sudah dapat menyimpulkan apakah orang tersebut bohong atau tidak. Selain kebohongan mereka juga mampu mendeteksi apakah seseorang sedang gugup, tegang, senang, lega dan lain-lain.

ekmaninternational.com | ANINDYA LEGIA PUTRI

Topik Terhangat:
Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Puncak HUT Jakarta

Berita Terpopuler:
PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!'  
Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi
Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo
Suswono: Bodohnya Pengusaha Bisa Dibohongi AF
Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square 

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/04/060493554/Temuan-Jenius-di-Balik-Serial-Lie-to-Me