Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Tanpa Disadari, 8 Hal Ini Dapat Merusak Kesehatan Mata

Tanpa Disadari, 8 Hal Ini Dapat Merusak Kesehatan Mata

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Kesehatan mata sudah selayaknya dijaga dengan baik. Namun gaya hidup, budaya kerja, kebiasaan makan, lingkungan yang tercemar dan sikap terhadap diri sendiri seringkali justru membahayakan mata. Bahkan tanpa disadari ada beberapa hal yang dapat merusak kesehatan mata, mulai dari merokok hingga pola diet yang salah.

Kerusakan pandangan mata merupakan salah satu hal yang mungkin dialami pada usia muda jika tidak dijaga dengan baik. Pernahkah Anda pernah berpikir apa saja yang bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan mata untuk melihat lebih jernih? Berikut beberapa faktor yang dapat merusak kesehatan mata, seperti dilansir Boldsky, Kamis (25/7/2013):

1. Merokok

Merokok memiliki banyak efek buruk pada kesehatan secara keseluruhan, merusak pandangan mata Anda adalah salah satunya. Rokok mengandung zat kimia dalam jumlah banyak dan merugikan bagian sensitif dari retina yang disebut makula. Ketika sel-sel makula mati, maka kerusakan pada mata akan semakin mungkin terjadi.

2. Mengerutkan mata

Terkadang tanpa sadar kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada mata, misalnya saat bekerja di depan komputer, menonton TV, bermain video game, dan membaca selama berjam-jam. Tekanan berlebihan ini membuat otot-otot di sekitar mata mengalami kerusakan. Pada akhirnya, penglihatan pun akan mengalami gangguan.

3. Sinar ultraviolet (UV)

Saat paparan sinar matahari sedang sangat menyengat, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam. Mengapa demikian? Sinar UV yang berasal dari matahari dapat membahayakan mata Anda dengan membakar kornea dan merusak lensa mata serta retina. Selain itu, paparan sinar UV berlebihan pada mata juga meningkatkan risiko katarak.

4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati. Kondisi ini merusak pembuluh darah di retina, yaitu daerah di belakang mata yang berfungsi untuk memfokuskan gambar. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi.

5. Diabetes

Jika Anda adalah pasien dengan diabetes, Anda lebih mungkin untuk terkena beberapa penyakit mata seperti glaukoma. Kondisi ini disebut juga sebagai retinopati diabetes, yaitu di mana retina mengalami kerusakan parah. Saat ini, glaukoma merupakan penyebab utama kebutaan dan penglihatan yang kabur.

6. Alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Hal itu dapat menyebabkan masalah pada penglihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Efek dari mengonsumsi alkohol berlebihan antara lain penurunan kinerja visual, reaksi pupil melambat, sering migrain, mata kemerahan, dan penurunan sensitivitas kontras.

7. Diet yang tidak sehat

Jika Anda sedang mengikuti diet yang tidak sehat, maka tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi penting termasuk untuk mata. Kondisi inilah yang membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit mata. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, kesulitan melihat pada malam hari, dan mata yang mengering. Tak hanya itu, kekurangan vitamin lain seperti vitamin B12 juga dapat menyebabkan penglihatan kabur.

8. Menggunakan komputer

Komputer saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan, baik untuk bekerja maupun untuk belajar. Namun masalahnya adalah kita tidak tahu batas kemampuan tubuh untuk beraktivitas di depannya. Setiap harinya, kita melihat layar komputer selama lebih dari 5-6 jam dan kadang-kadang tidak memberikan jeda istirahat untuk mata. Bahkan tanpa sadar, selama bekerja kita bahkan lupa untuk berkedip. Hal seperti ini menyebabkan ketegangan mata, kelelahan mata, iritasi, kurangnya kepekaan terhadap cahaya, iritasi mata, dan penglihatan ganda.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f1f4948/sc/13/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C250C0A730A310C23136390C7660Ctanpa0Edisadari0E80Ehal0Eini0Edapat0Emerusak0Ekesehatan0Emata/story01.htm