Selasa, 30 Juli 2013

Tabir Surya Super ala Great Barrier Reef

INILAH.COM, Canberra- Ilmuwan mengembangkan tabir surya baru super dengan menirucara karang di Great Barrier Reef – Australia melindungi diri darisinar Ultra Violet (UV).

Selama dua tahun, ilmuwan Centre for Australian Weather and ClimateResearch (CSIRO) menghabiskan dua tahun terakhir untuk meneliti caraterumbu karang di perairan dangkal Great Barrier Reef Queenslandmelindungi diri dari matahari.

Dalam studi itu mereka menemukan apa yang mereka sebut filter UV barudijamin tahan terhadap sinar UVA dan UVB . Mereka menambahkan sifatkarang dalam emulsi krim yang mereka ciptakan.

"Filter ini nyaristidak berbau dan sangat stabil, membuat mereka mudah memasukkan kedalam emulsi apapun," kata salah satu peneliti CSIRO, Dr Mark York.

Penelitian ini diinspirasi oleh ilmuwan di Australian Institute ofMarine Science yang pertama kali menemukan kemampuan menahan sinarmatahari oleh koral. Tabir surya super ini diharapkan untuk beradadi pasar global dalam waktu lima tahun.

Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yangterdiri dari 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queenslanddi timur laut Australia. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2015579/tabir-surya-super-ala-great-barrier-reef