Rabu, 24 Juli 2013

Beranda » » Sutra, Idola Baru Pencinta Karpet Persia

Sutra, Idola Baru Pencinta Karpet Persia

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam dunia karpet Persia, disebutkan Malik, MA., pemilik gerai karpet Al Hamd di Radio Dalam, Kebayoran Lama, Jakarta, kini ada idola baru, yaitu karpet yang terbuat dari sutra.

"Ini menjadi tren baru yang disukai pecinta karpet Persia. Biasanya karpet terbuat dari wol yang berasal dari bulu domba. Sekarang berbahan sutra, lebih lembut dan melengkapi sisi keindahannya," kata Malik.

Malik yang ditemui pada Senin, 22 Juli 2013, mengatakan, karpet Persia pada umumnya terbuat dari bahan wol yang berasal dari bulu domba. Domba yang digunakan biasanya domba muda yang belum genap berusia tiga bulan demi mendapatkan kualitas benang wol yang bagus.

Pada karpet sutra, menurut Malik, pembuatannya lebih sulit dan rumit, dan memiliki detail yang sangat tinggi. Untuk karpet Persia dari bahan wol, waktu pengerjannya paling cepat sebulan. Untuk karpet Persia dari sutra, pengerjaannya paling cepat enam sampai 12 bulan.

Malik menjelaskan, salah satu karpet Persia sutra koleksinya yang berukuran besar 18 x 20 meter harganya lebih dari 20 miliar. Karpet bermotif flora dengan warna krem ini banyak diincar kolektor karena karpet bersejarah dan sudah berusia hampir ratusan tahun. Selain itu, harganya juga mahal karena terbuat dari sutra.

"Tetapi pembeli karpet juga seperti perjodohan. Biar banyak uang, kalau passion-nya enggak dapat, ya belum jadi milik," kata Malik yang mendapatkan karpet ini dari seseorang di Iran.

"Saya hanya menolong seorang teman, karena Amerika mengembargo, dampaknya saya bisa dapat karpet bersejarah ini," kata Malik yang baru mendapat karpet ini sekitar dua bulan lalu.

HADRIANI P

Terpopuler
Bayi Kate Middleton
Front Pembela Islam | FPI
Bisnis Yusuf Mansur
Aksi Chelsea di GBK
Daging Sapi Impor

Baca juga:
Inilah Eksistensi Kaum Adam
Eksotika Kain Nusantara
Oscar Lawalata Menyukai KainTapis Lampung

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/23/110498994/Sutra-Idola-Baru-Pencinta-Karpet-Persia