Jumat, 12 Juli 2013

Sulit Tidur? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Oleh Bella Setyowati

Posted: 11/07/2013 22:00

TOPIK #Sulit Tidur #Makanan Insomnia #Obat Tidur #obat tidur alami

Sulit Tidur? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Liputan6.com, New York : Setiap orang sebaiknya tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Itu adalah jumlah waktu yang ideal. Tetapi banyak dari kita yang kekurangan tidur akibat aktivitas sehari-hari atau bahkan karena insomnia. Sehingga, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat tidur. Namun, hal itu tidak baik bagi kesehatan. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan berikut ini.

artikel terkait

  • Obat Tidur Bikin Anda Cepat Mati, Waspadalah!

Berikut macam-macam makanan yang bisa dicoba seperti dikutip Fitnea, Kamis (11/7/2013), yang dapat menjadi obat tidur alami bagi Anda.

1. Oatmeal

Oatmeal atau havermut dapat menjadi camilan besar dan baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, makanan ini sangat kaya akan karbohidrat. Faktanya, oatmeal dapat merangsang produksi alami serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan makanan lebih lambat dalam bekerja. Hal ini menyebabkan Anda terus merasa kenyang dan dijamin tidur Anda nyenyak sepanjang malam.

2. Biji-bijian

Sejumlah manfaat ada dalam biji-bijian, seperti kacang. Tidak hanya dapat membuat organ hati Anda kuat dan sehat, mereka juga kaya akan omega-3 yang dapat membuat suasana hati Anda meningkat dan bebas dari efek samping. Selain itu, kacang-kacangan juga dikenal sebagai sumber terbaik antioksidan. Secangkir kecil almon atau biji rami tepat dikonsumsi sebelum tidur dan membantu Anda tidur dengan pulas.

3. Pisang

Buah pisang telah digunakan sebagai induser alami selama puluhan tahun. Namun, banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Seperti oatmeal, buah pisang juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi relaksan otot alami yang membantu tubuh Anda merasa santai dan Anda lebih mudah untuk terbawa ke alam mimpi.

4. Kentang

Mau digoreng atau dipanggang, kentang tetap enak untuk disantap. Tidak hanya lezat, kentang juga menjadi sumber tryptophan, hormon yang menginduksi tidur. Selain itu, kentang juga memiliki efek yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

5. Susu hangat dan madu

Sebelum menuju ke kasur, banyak orang minum susu terlebih dahulu. Namun, banyak juga yang menganggap kebiasaan minum susu sebelum tidur dapat menyebabkan berat badan naik. Jangan salah, ternyata susu memang baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, di dalamnya mengandung tryptophan asam amino. Tak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur. Sebab, madu dapat melemaskan otot-otot tubuh dan pikiran Anda.

6. Relaxing Tea

Susu dan madu mungkin menjadi kombinasi yang lezat. Namun, beberapa jenis teh juga bisa memberikan efek penenang ringan yang sangat cocok untuk orang yang sulit tidur. Peppermint dan teh herbal menjadi jenis teh yang paling populer dan dikenal dapat menginduksi tidur Anda.

(Mel/*)

BERITA rekomendasi

  • 10 Kebodohan Duo Bomber Boston Sehingga Mudah Dilacak
  • Jokowi Putuskan Pemenang Tender Proyek MRT Siang Ini
  • Rafael Benitez Tuntut Skuatnya Main Bagus
  • Google Peringati Kelahiran Ratu Jazz Legendaris Ella Fitzgerald
  • Kostum yang Pas Buat Haiking Kala Cuaca Panas

artikel populer

  • 5 Wanita Pemburu Sperma `Garap` Pria Muda di Dalam Bus
  • Tragis! Ditabrak Motor, Wajah Bayi Olivia Seperti `Chucky`
  • Dinyatakan Meninggal Tiba-tiba Mata Terbuka dan Badan Bergerak
  • Seks Dilihat dari Warna Favorit
  • Batal Nikah Usai Tonton Video Mesum Calon Suami

Source : http://health.liputan6.com/read/636789/sulit-tidur-coba-konsumsi-6-makanan-ini