Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Stok darah PMI Balikpapan kosong

Stok darah PMI Balikpapan kosong

Balikpapan (ANTARA News) - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Balikpapan, Kalimantan Timur untuk golongan A dan B dalam beberapa hari ini mengalami kekosongan.

"Adapun stok darah yang kosong adalah golongan A dan B, stok golongan darah yang masih ada di PMI adalah golongan O dan AB," kata Petugas PMI Cabang Balikpapan, Rini Siahaan di Balikpapan, Rabu.

Bagi warga yang memerlukan golongan darah A dan B terpaksa mencari donor darah sendiri, katanya.

"Kelangkaan stok darah ini karena adanya peningkatan penggunaan darah pada awal tahun 2013 yang mencapai 50 hingga 60 kantong, dibanding tahun 2012 mencapai 30 hingga 40 kantong," kata Rini.

Adapun indikasi peningkatan permintaan stok darah ini, dikarenakan untuk penanganan demam berdarah. Serta tindakan operasi yang mengharuskan pasien untuk menambah darah, katanya.

"Selain itu, kelangkaan stok darah ini juga dikarenakan selama bulan Ramadhan banyak warga yang khawatir tidak kuat dalam menjalankan ibadah puasa," kata Rini.

Padahal mendonorkan darah tetap bisa dilakukan setelah buka puasa dan tidak dalam kondisi berpuasa. Hal tersebut diharapkan agar stok darah selalu ada di PMI, katanya,

"Saat ini TNI terus melakukan kegiatan donor darah untuk menambah stok darah yang berkurang di tahun 2013 ini," kata Rini.

(S035/Z003)

Source : http://www.antaranews.com/berita/387186/stok-darah-pmi%C2%A0balikpapan-kosong