Rabu, 24 Juli 2013

Sering Jawab Ya, Anda Pasti Depresi

INILAH.COM, Jakarta - Depresi merupakan penyakit yang paling sering ditemukan di Jerman. Oleh karena itu, ilmuwan dari Berlin, Jerman, mengembangkan tes cepat deteksi depresi.

Menurut keterangan Institut Robert Koch, satu dari empat perempuan dan satu dari enam laki-laki menderita depresi dalam hidup mereka. Setiap tahun diperkirakan sekitar 9.000 orang mengakhiri hidup akibat depresi. Sementara itu,jumlah orang yang berusaha bunuh diri 10 kali lipat lebih tinggi.

Nah, ilmuwan Institut Max Planck untuk penelitian pendidikan di Berlin mengembangkan tes kilat yang hanya terdiri dari empat pertanyaan. Hasilnya harus cukup untuk membuat diagnosa.

Pertanyaannya memang mudah dan gampang dimengerti: yakni apakah pekan ini Anda lebih sering menangis daripada sebelumnya? Apakah pekan ini Anda kecewa dengan diri Anda sendiri atau Anda membenci diri sendiri? Apakah Anda pekan ini menatap masa depan dengan sangat takut? Apakah Anda pekan ini merasa sebagai orang yang gagal?

Kalau semua pertanyaan dijawab 'ya', berarti ada gejala depresi. Dokter akan merekomendasikan kunjungan ke spesialis. Walaupun tes lainnya hanya memakan waktu kurang dari 10 menit, waktu yang singkat menjadi salah satu argumentasi ketika tes ini dikembangkan.

Nasib tragis ini sering bisa dihindari, via internet. Tes di dunia maya itu biasanya itu terdiri dari 20 pertanyaan. Tujuannya untuk memperkirakan seberapa depresif seorang pasien, mulai dari usia 13 tahun.

Biasanya ditanya, apakah sejumlah gejala ini muncul dalam dua pekan terakhir: sedih, pesimisme, perasaan gagal, kehilangan kegembiraan, merasa bersalah, ingin bunuh diri, tidak tenang, mudah tersinggung, kehilangan perhatian pada apapun, tidak bisa memutuskan, lelah, tidak tertarik pada seks.

Biasanya untuk setiap pertanyaan orang harus memilih empat kemungkinan, antara "tidak pernah" sampai "selalu". Dengan tes itu pun dalam beberapa menit orang sudah dapat membuat diagnosa singkat. Jika ada tanda-tanda depresi, pengasuh situs akan merekomendasikan pasien untuk berkunjung ke dokter. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2013298/sering-jawab-ya-anda-pasti-depresi